Pengaruh problem based learning – flipped classroom terhadap kemampuan pemecahan masalah fluida statis Siswa SMA/MA / Said Maulana Ibrahim - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh problem based learning – flipped classroom terhadap kemampuan pemecahan masalah fluida statis Siswa SMA/MA / Said Maulana Ibrahim

Ibrahim, Said Maulana (2022) Pengaruh problem based learning – flipped classroom terhadap kemampuan pemecahan masalah fluida statis Siswa SMA/MA / Said Maulana Ibrahim. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah termasuk salah satu potensi yang diperlukan oleh siswa di abad 21. Berdasarkan beberapa penelitian siswa masih mempunyai kendala dalam memecahkan masalah sehingga kemampuan pemecahan masalah terutama fisika tergolong rendah. Materi fisika yang masih mempunyai kendala dalam kemampuan pemecahan masalah adalah fluida statis. Berdasarkan penelitian di lapangan skor rata-rata kemampuan pemecahan masalah fisika siswa materi fluida statis berkisar 48 88 dan berada pada kategori rendah. Solusi untuk mengatasi kendala pemecahan masalah siswa dapat diterapkan dengan model problem based learning. Namun kondisi pandemic covid-19 menjadi kendala guru dalam mempraktikkan model problem based learning di kelas salah satunya adalah efisiensi alokasi waktu yang sangat terbatas. Sehingga guru perlu menggunakan pendekatan yang mana dapat mempersingkat waktu pembelajaran tatap muka terbatas di kelas selama masa pandemic covid-19 yaitu dengan menggunakan pendekatan flipped classroom. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh problem based learning ndash flipped classroom untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada pokok bahasan fluida statis pada pre-test dan post-test. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif dengan quasi eksperimen dan desain yang dipakai adalah one group pretest-posttest design. Hasil penelitian memaparkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan pemecahan masalah siswa pada topik fluida statispada pre-test dan post-test. Peningkatan tersebut juga ditunjukkan melalui skor N-gain sebesar 0 642 dan nilai tersebut berada pada kategori sedang. Kekuatan perbedaan skor rata rata kemampuan pemecahan masalah siswa pada pre test dan post test dapat dilihat dari effect size yang mana nilai effect size sebesar 5 249 dan termasuk dalam kategori besar. Kesimpulannya adalah pembelajaran problem based learning-flipped classroom efektif meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada topik fluida statis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/268220

Actions (login required)

View Item View Item