Pengembangan e-module fisika berbasis android dilengkapi soal hots dan feedback dalam menganalisis pengaruh kalor dan perpindahan kalor pada kehidupan sehari-hari bagi siswa SMA/MA / Ahmad Syaihuddin Tri Harjono - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-module fisika berbasis android dilengkapi soal hots dan feedback dalam menganalisis pengaruh kalor dan perpindahan kalor pada kehidupan sehari-hari bagi siswa SMA/MA / Ahmad Syaihuddin Tri Harjono

Harjono, Ahmad Syaihuddin Tri (2022) Pengembangan e-module fisika berbasis android dilengkapi soal hots dan feedback dalam menganalisis pengaruh kalor dan perpindahan kalor pada kehidupan sehari-hari bagi siswa SMA/MA / Ahmad Syaihuddin Tri Harjono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan e-Module fisika yang dilengkapi soal HOTS dan feedback pada pokok bahasan suhu dan kalor serta mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran tersebut bagi siswa SMA/MA. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R amp D) dan metode yang digunakan adalah 4D yang memiliki empat tahapan yakni define design development dan disseminate. Namun pada penelitian ini hanya dibatasi sampai tahap development. Subjek penelitian ini adalah 44 siswa kelas 11 IPA SMA Nasional Malang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa lembar uji validasi dan angket keterbacaan produk. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan metode deskriptif quantitatif. Penelitian ini menghasilkan e-Module yang dilengkapi dengan 20 butir soal HOTS yang terbagi menjadi 15 soal latihan yang disertai dengan immediate feedback serta 5 soal kuis dengan delay feedback. Berdasarkan hasil validasi oleh ahli diperoleh persentase sebesar 95 45% untuk validasi media sedangkan untuk validasi soal diperoleh nilai persentase sebesar 97 50% sehingga termasuk dalam kategori sangat valid. Pada uji kepraktisan e-Module diperoleh nilai persentase sebesar 85 23% sehingga termasuk dalam kategori sangat praktis. Feedback yang disediakan berupa teks dan gambar sehingga masih dapat dikembangkan lagi dengan feedback yang berupa video agar siswa yang kecenderungan belajarnya visual maupun auditori dapat lebih terbantu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jun 2022 04:29
Last Modified: 29 Dec 2022 02:18
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/268219

Actions (login required)

View Item View Item