Pengembangan media pembelajaran interaktif sebagai upaya untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada topik suhu dan kalor / Azhar Dion Bahrudin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran interaktif sebagai upaya untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada topik suhu dan kalor / Azhar Dion Bahrudin

Bahrudin, Azhar Dion (2022) Pengembangan media pembelajaran interaktif sebagai upaya untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada topik suhu dan kalor / Azhar Dion Bahrudin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kevalidan maupun kepraktisan dari media pembelajaran interaktif pada topik suhu dan kalor. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R amp D) dengan model ADDIE dengan model penelitian ADDIE. Pada model ini dilakukan tahap-tahap meliputi Analyze Design Develop Implement and Evaluate tetapi hanya sampai tahap develop saja. Media interaktif yang dikembangkan berupa aplikasi yang berbasis android dengan topik suhu dan kalor. Penelitian ini menggunakan intrumen penelitian lembar validasi dan angket siswa. Subjek dari penelitian ini adalah 20 siswa dari salah satu kelas XI MIPA di SMA Panjura. Validator dalam penelitian ini adalah salah satu dosen fisika di Universitas negeri malang dan dua guru fisika dari SMA Panjura. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan skala likert untuk uji kevalidan dan skala guttman untuk uj kepraktisan oleh siswa. Data penelitian diperoleh dari hasil validasi konten dan kontruk oleh validator kemudian uji kepraktisan oleh siswa dengan menggunakan metode pengambilan data pengisian angket atau kuisioner. Dari penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil rata-rata persentase dari validasi konten atau tampilan sebesar 82 2% termasuk dalam kategori sangat valid dan rata-rata persentase dari validasi kontruk sebesar 93 1% termasuk dalam kategori sangat valid. Untuk uji kepraktisan yang dilakukan oleh siswa mendapatkan persentase sebesar 95 2% sehingga termasuk ke dalam kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil dari data penelitian didapatkan bahwa media yang telah dikembangkan sangat valid dan praktis. Media yang dikembangkan juga mudah untuk diunduh dan digunakan serta mudah untuk dioperasikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 May 2022 04:29
Last Modified: 16 Dec 2022 03:41
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/268218

Actions (login required)

View Item View Item