Pengembangan e-book dilengkapi virtual Lab materi suhu dan kalor untuk siswa SMA/MA / Ramadhan Very Kurniawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-book dilengkapi virtual Lab materi suhu dan kalor untuk siswa SMA/MA / Ramadhan Very Kurniawan

Kurniawan, Ramadhan Very (2022) Pengembangan e-book dilengkapi virtual Lab materi suhu dan kalor untuk siswa SMA/MA / Ramadhan Very Kurniawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan serta mengetahui validitas dan kepraktisan e-book dilengkapi virtual lab materi suhu dan kalor untuk siswa SMA/MA. Pengembangan e-book melalui Research and Development (R amp D) dengan model 4D yakni pendefinisian (define) perancangan (design) pengembangan (develop) dan penyebarluasan (disseminate) tetapi penelitian ini hanya dilaksanakan hingga tahap pengembangan. E-book dilengkapi virtual lab memiliki format .exe dan .apk yang isinya terdiri dari uraian materi rangkuman contoh soal dan pembahasan latihan soal uji kompetensi dengan tipe soal disesuaikan dengan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dan virtual lab sebagai media untuk melaksanakan percobaan. Validasi dilakukan oleh dosen dan guru fisika sebagai ahli materi dan media sedangkan kepraktisan oleh 80 siswa kelas XI IPA MAN Kota Blitar yang telah menempuh materi suhu dan kalor. Data penelitian terdiri dari kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif dianalisis dengan menghitung persentase kevalidan dan kepraktisan produk sedangkan kualitatif berupa saran dan masukan dari validator berguna untuk revisi produk sebelum diujicobakan pada siswa. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan hasil sangat valid dengan persentase validitas 85 6% dan sangat praktis dengan persentase 94%. Dengan demikian e-book dilengkapi virtual lab materi suhu dan kalor ini valid dan praktis untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jun 2022 04:29
Last Modified: 13 Jan 2023 01:38
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/268213

Actions (login required)

View Item View Item