Pengembangan e-module interaktif dengan soal isomorfik disertai feedback untuk membantu siswa mampu menerapkan konsep momentum dan impuls serta hukum kekekalan momentum / Siti Lailatul Aminah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-module interaktif dengan soal isomorfik disertai feedback untuk membantu siswa mampu menerapkan konsep momentum dan impuls serta hukum kekekalan momentum / Siti Lailatul Aminah

Aminah, Siti Lailatul (2022) Pengembangan e-module interaktif dengan soal isomorfik disertai feedback untuk membantu siswa mampu menerapkan konsep momentum dan impuls serta hukum kekekalan momentum / Siti Lailatul Aminah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Modul elektronik merupakan bahan ajar yang disajikan dalam format elektronik dan disusun secara sistematis dengan bahasa yang mudah dipahami oleh peserta didik sesuai dengan tingkat pengetahuan agar peserta didik dapat belajar mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan mengetahui kevalidan serta kepraktisan E-module interaktif dengan soal isomorfik disertai feedback untuk membantu siswa mampu menerapkan konsep momentum dan impuls serta hukum kekekalan momentum. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R amp D) dengan menggunakan model pengembangan 4D. Model pengembangan 4D meliputi Define (pendefinisian) Design (desain) Development (pengembangan) dan Disseminate (penyebaran). Penelitian dan pengembangan ini hanya dilaksanakan hingga tahap depevopment. E-module yang dikembangkan terdiri dari cover halaman menu petunjuk penggunaan E-module kata pengantar kompetensi yang harus dicapai peta konsep materi pembelajaran yang tediri atas uraian materi yang disertai contoh soal dan rangkuman latihan soal disertai feedback evaluasi disertai feedback referensi dan profil penyusun. E-module ini menonjolkan soal-soal isomorfik disertai feedback dalam latihan soal dan evaluasi sebagai upaya untuk mengetahui tingkat pemahaman konsep siswa. Penilaian uji validasi dan uji kepraktisan menggunakan skala likert. Subjek uji coba terbatas yaitu 37 siswa kelas X MIPA SMA Negeri Ambulu Jember. Hasil uji validasi media oleh ahli diperoleh persentase rata-rata 85 51% yang termasuk dalam kriteria sangat valid dan hasil uji validasi soal pada latihan soal dan evaluasi masing-masing diperoleh persentase 88 33% dan 86 87% yang termasuk dalam kriteria sangat valid. Hasil uji coba terbatas diperoleh persentase rata-rata 91 22% yang termasuk dalam kriteria sangat praktis. Menurut hasil uji validasi dan uji coba terbatas diperoleh kesimpulan bahwa E-module yang telah dikembangkan termasuk draft produk akhir yang sangat valid dan sangat praktis serta dengan komponen-komponen penyusun yang didesain sebagai bahan ajar mandiri untuk siswa. Dengan demikian perlu dilaksanakan penelitian lebih lanjut mengenai pengaruh penggunaan E-module interaktif tersebut untuk mengetahui tingkat efektivitasnya dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/268210

Actions (login required)

View Item View Item