Pengembangan e-module berbasis inkuiri terbimbing berbantuan phet sebagai upaya meningkatkan pemahaman konsep pada materi fenomena kuantum untuk kelas xii SMA / Baskara Hariadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-module berbasis inkuiri terbimbing berbantuan phet sebagai upaya meningkatkan pemahaman konsep pada materi fenomena kuantum untuk kelas xii SMA / Baskara Hariadi

Hariadi, Baskara (2022) Pengembangan e-module berbasis inkuiri terbimbing berbantuan phet sebagai upaya meningkatkan pemahaman konsep pada materi fenomena kuantum untuk kelas xii SMA / Baskara Hariadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pemahaman konsep termasuk menjadi satu dari sekian aspek yang wajib dikuasai peserta didik dikarenakan dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Materi fenomena kuantum dianggap sulit untuk dipahami karena beberapa konsep bersifat abstrak. Keterbatasan alat peraga dan kesulitan menghadirkan pembelajaran saintifik menjadi salah satu faktornya. Sehingga dibutuhkan media untuk membantu proses pembelajaran yang bersifat saintifik. Penelitian ini bertujuan mengembangkan e-module berbasis inkuiri terbimbing berbantuan PhET sebagai upaya meningkatkan pemahaman konsep pada materi fenomena kuantum untuk kelas XII SMA. Metode dalam penelitian ini menggunakan model pengembangangan 4D (define design develop dan disseminate). Instrumen yang digunakan untuk analisis data menggunakan angket kuisioner dengan hasil validasi konten mendapat skor rata-rata 3 52 dengan prosentase sebesar 88% hasil validasi tampilan mendapat skor rata-rata 3 55 dengan prosentase sebesar 88 75% dan hasil validasi bahasa mendapat skor 3 4 dengan prosentase sebesar 85% jadi secara keseluruhan prosentase uji validitas sebesar 87 25% yang berarti produk termasuk dalam kriteria kualifikasi sangat valid. Untuk hasil validitas keunggulan produk mendapatkan hasil 100% valid dan uji keterbacaan termasuk dalam kriteria terbaca dikarenakan hasil rata-rata keterbacaan mencapai 83 125%. Dari hasil analisis dapat dikatakan pengembangan produk layak digunakan sebagai upaya meningkatkan pemahaman konsep pada materi fenomena kuantum. Penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan dan diharapkan dapat mencapai tahapan penyebaran karena validasi pada tahap pengembahan masih bersifat penilaian berdasarkan pemikiran rasional oleh validator belum berdasarkan pada fakta dilapangan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jun 2022 04:29
Last Modified: 29 Dec 2022 02:20
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/268198

Actions (login required)

View Item View Item