Pengaruh discovery learning berbasis tpack (technological pedagogical content knowledge) terhadap berpikir kritis materi gerak parabola / Titik Nur Mutmainnah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh discovery learning berbasis tpack (technological pedagogical content knowledge) terhadap berpikir kritis materi gerak parabola / Titik Nur Mutmainnah

Mutmainnah, Titik Nur (2022) Pengaruh discovery learning berbasis tpack (technological pedagogical content knowledge) terhadap berpikir kritis materi gerak parabola / Titik Nur Mutmainnah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Masih banyak pembelajaran yang kurang mengaktifkan terkait materi gerak parabola. Solusi untuk meningkatkan keaktifan siswa terkait gerak parabola sudah banyak dilakukan dengan menerapkan model discovery learning. Namun solusi tersebut dilakukan pada saat pembelajaran tatap muka ketika pembelajaran PTMT (Pertemuan Tatap Muka Terbatas) keaktifan peserta didik menurun sehingga berpikir kritisnya masih kurang. Kemampuan berpikir kritis perlu ditingkatkan karena salah satu kemampuan yang dituntut di abad 21. Dengan demikian untuk mengatasi pembelajaran PTMT terhadap berpikir kritis siswa dibutuhkan pembelajaran yang didasarkan pada teknologi. Pembelajaran yang dipilih adalah discovery learning berbasis TPACK. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh discovery learning berbasis TPACK terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi gerak parabola. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperiment. Desainnya ialah pretest-postest control group design. Untuk mengetahui perbedaan skor kemampuan berpikir kritis digunakan uji t. Hasil uji t menunjukkan skor di kelas eksperimen lebih baik dibanding kelas kontrol yang berarti discovery learning berbasis TPACK memiliki pengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/268197

Actions (login required)

View Item View Item