Pengembangan multimedia interaktif dengan tes diagnostik dan constructive feedback video sebagai upaya untuk meningkatkan penguasaan konsep gelombang mekanik / Kholif Indriastuti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia interaktif dengan tes diagnostik dan constructive feedback video sebagai upaya untuk meningkatkan penguasaan konsep gelombang mekanik / Kholif Indriastuti

Indriastuti, Kholif (2022) Pengembangan multimedia interaktif dengan tes diagnostik dan constructive feedback video sebagai upaya untuk meningkatkan penguasaan konsep gelombang mekanik / Kholif Indriastuti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Gelombang mekanik yaitu salah satu materi yang termasuk penting untuk dipelajari dalam fisika karena penerapan dari konsep gelombang mekanik banyak dijumpai di kehidupan sehari-hari serta tidak semua konsep yang ada dapat diberikan ataupun dicontohkan langsung di dalam kelas untuk dapat diamati oleh siswa. Adapun tujuan dari adanya penelitian ini yaitu untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan multimedia interaktif dengan tes diagnostik dan constructive feedback video pada materi gelombang mekanik. Pada penelitian ini digunakan model penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R amp D) dengan metode 4D. Tahapan-tahapan 4D yaitu Define Design Development and Desminate. Pada penelitian ini tahapan yang diterapkan hanya sampai pada tahap development saja karena keterbatasan waktu. Subjek penelitian siswa SMA kelas XI kelompok peminatan MIPA di salah satu SMA Negeri di kota Malang yang mana sudah menempuh materi fisika gelombang mekanik. Dari hasil uji validasi oleh ahli materi dan media diperoleh persentase hasil rata-rata untuk isi media sebesar 90 74% termasuk dalam kriteria sangat valid dan tanpa revisi. Hal ini menunjukkan bahwa materi yang disajikan sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku saat ini sehingga dapat digunakan untuk menunjang belajar siswa. Hal tersebut menunjukkan bahwa tes diagnostik dan latihan soal dengan constructive feedback video layak untuk dimuat dalam produk yang dikembangkan dan juga layak untuk diujicobakan secara luas kepada siswa dalam mempelajari konsep gelombang mekanik. Pada hasil uji validasi konstruk diperoleh persentase rata-rata sebesar 92 5% termasuk dalam kriteria sangat valid dan tanpa revisi yang menunjukkan bahwa media yang dikembangkan menarik dan mudah dioperasikan. Dari hasil uji kepraktisan diperoleh persentase rata-rata sebesar 90 08% sehingga produk yang dikembangkan ini yaitu sudah tergolong sangat praktis dan tentunya layak digunakan untuk menunjang siswa dalam hal belajar fisika pada materi gelombang mekanik baik secara mandiri serta dapat digunakan untuk kegiatan pembelajaran di sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/268196

Actions (login required)

View Item View Item