Analisis kemampuan literasi statistik model gal siswa SMA ditinjau dari jurusan IPA dan IPS / Laurentcia Noviafta Widya - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kemampuan literasi statistik model gal siswa SMA ditinjau dari jurusan IPA dan IPS / Laurentcia Noviafta Widya

Widya, Laurentcia Noviafta (2021) Analisis kemampuan literasi statistik model gal siswa SMA ditinjau dari jurusan IPA dan IPS / Laurentcia Noviafta Widya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pada era digitalisasi kini arus informasi bergerak dengan sangat cepat masyarakat disuguhkan dengan berbagai macam data statistik. Kondisi ini mengharuskan masyarakat menginterpretasikan data statistik tersebut untuk memahami keseluruhan informasi yang disajikan. Pendidikan berperan untuk mempersiapkan masyarakat agar semakin melek statistik. Penting untuk mengetahui profil kemampuan literasi statistik siswa SMA agar dapat melakukan upaya meningkatkan kemampuan literasi statistik yang sesuai. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui kemampuan literasi statistik siswa SMA kelas XI IPA dan IPS berdasarkan model Gal. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dengan cara tes dan wawancara. Subjek dari penelitian ini adalah 3 siswa dengan nilai matematika tertinggi pada jurusan IPA dan IPS. Proses analisis data yang dilakukan adalah reduksi data menyajikan data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah siswa IPA memiliki kemampuan dasar statistik yang baik namun kurang memiliki kemampuan literasi. Siswa IPS memiliki kemampuan yang baik pada kemampuan literasi namun belum memiliki kemampuan dasar statistik yang memadahi. Pada aspek karakter siswa IPA lebih kritis dalam menyikapi suatu informasi statistik yang disajikan secara bebas di masyarakat. Meskipun demikian siswa IPA dan IPS sama-sama mampu dalam menginterpretasikan data statistik untuk menyelesaikan masalah dan membuat kesimpulan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/268111

Actions (login required)

View Item View Item