Analisis kemampuan literasi matematis siswa SMP ditinjau dari gaya kognitif / Ridho Rafif Adri Prasetyo - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kemampuan literasi matematis siswa SMP ditinjau dari gaya kognitif / Ridho Rafif Adri Prasetyo

Prasetyo, Ridho Rafif Adri (2022) Analisis kemampuan literasi matematis siswa SMP ditinjau dari gaya kognitif / Ridho Rafif Adri Prasetyo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa pada literasi matematika dengan meninjau gaya kognitif field-dependent dan field-independent yang dimiliki oleh siswa. Pendekatan yang digunakan dalam studi ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari 26 siswa kelas VII SMPN 3 Malang. Instrumen yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini yaitu GEFT (Group embedded figure test) untuk mengetahui gaya kognitif siswa dan membagi dalam gaya kognitif FD (field-dependent) atau FI (field-independent) serta instrumen tes kemampuan literasi matematika berupa 3 soal matematika. Penyusunan soal disesuaikan dengan kategori konten matematika inti yang diujikan pada PISA 2018. Pengambilan data dilaksanakan melalui tes tulis dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian siswa bergaya kognitif FI mengomunikasikan jawaban dengan singkat cukup jarang menggunakan penyimbolan dapat memberikan alasan secara logis dan memberi penguatan serta dapat memperkirakan bentuk visual secara abstrak Sedangkan siswa dengan gaya kognitif FD cenderung mengomunikasikan jawaban dengan kalimat yang cukup panjang dapat menggunakan penyimbolan dapat memberikan alasan secara logis dan memberi penguatan serta kurang dapat memperkirakan bentuk visual secara abstrak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Apr 2022 04:29
Last Modified: 10 Jan 2023 08:35
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/268079

Actions (login required)

View Item View Item