Meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa slow learner melalui pembelajaran learning cycle 5e pada materi kubus balok / Bayu Widi Rahmanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa slow learner melalui pembelajaran learning cycle 5e pada materi kubus balok / Bayu Widi Rahmanto

Rahmanto, Bayu Widi (2022) Meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa slow learner melalui pembelajaran learning cycle 5e pada materi kubus balok / Bayu Widi Rahmanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Permasalahan yang ditemukan dalam pembelajaran di kelas VIII G SMP N 1 Tlogowungu adalah rendahnya tingkat keaktifan dan hasil belajar siswa slow learner. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran learning cycle 5E dalam upaya mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini termasuk dalam PTK yang dilakukan dalam dua siklus. Tahapan model pembelajaran learning cycle yang dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa terdiri dari beberapa tahapan yaitu engagement exploration explanation elaboration dan evaluation. Hasil menunjukkan peningkatan yang signifikan dengan adanya pengoptimalan pada fase exploration dan explanation pada pembelajaran siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui peningkatan nilai rata-rata keaktifan siswa dari siklus I sebesar 61 9 dengan kategori cukup aktif menjadi 76 9 pada kategori aktif di siklus II. Sedangkan untuk hasil belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran learning cycle 5E nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 75 8 meningkat menjadi 85 pada siklus II dan jumlah persentase siswa yang masuk pada kategori tuntas juga bertambah sebanyak 22%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jul 2022 04:29
Last Modified: 11 Jan 2023 07:38
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/268046

Actions (login required)

View Item View Item