Miskonsepsi berdasarkan pemahaman konsep siswa pada materi transformasi geometri / Mega Putri Wahyuni - Repositori Universitas Negeri Malang

Miskonsepsi berdasarkan pemahaman konsep siswa pada materi transformasi geometri / Mega Putri Wahyuni

Wahyuni, Mega Putri (2022) Miskonsepsi berdasarkan pemahaman konsep siswa pada materi transformasi geometri / Mega Putri Wahyuni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pemahaman konsep merupakan salah satu kemampuan yang dibutuhkan untuk memecahkan masalah baru dalam matematika. Siswa perlu memiliki pemahaman konsep yang baik agar tidak melakukan miskonsepsi. Miskonsepsi merupakan ketidaktepatan siswa dalam penggunaan konsep matematika. Berdasarkan studi pendahuluan yang telah dilakukan oleh peneliti ditemukan bahwa terdapat jawaban siswa yang terdeteksi mengalami miskonsepsi dalam menggunakan konsep. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan letak miskonsepsi berdasarkan pemahaman konsep siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX G SMP Negeri 1 Jogoroto Jombang. Peneliti memilih 3 siswa sebagai subjek penelitian dengan pertimbangan yang mengacu pada pengelompokkan derajat pemahaman konsep serta indikator pemahaman konsep. Instrumen yang digunakan yaitu soal tes dengan tipe soal uraian dan pedoman wawancara. Analisis data menggunakan model Miles and Huberman yang meliputi tiga tahapan diantaranya reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti ditemukan tiga subjek yang mengalami miskonsepsi dengan letak miskonsepsi berbeda-beda ditinjau dari indikator pemahaman konsep. Berdasarkan letak miskonsepsi ketiga subjek diketahui penyebab miskonsepsi adalah karena konstruksi konsep yang salah kecenderungan dalam menghafal rumus pemikiran asosiatif pre-conception (kesalahan pemahaman awal atau konsep mendasar) overgeneralization (penerapan konsep yang kurang relevan) dan kurangnya pengetahuan strategis untuk menerapkan konsep.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jul 2022 04:29
Last Modified: 12 Jan 2023 00:33
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/268042

Actions (login required)

View Item View Item