Penerapan teams games tournament (tgt) berbantuan LKPD berbasis discovery learning untuk meningkatkan minat belajar matematika Kelas VII SMPN 19 Malang / Nia Adi Lestari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan teams games tournament (tgt) berbantuan LKPD berbasis discovery learning untuk meningkatkan minat belajar matematika Kelas VII SMPN 19 Malang / Nia Adi Lestari

Lestari, Nia Adi (2022) Penerapan teams games tournament (tgt) berbantuan LKPD berbasis discovery learning untuk meningkatkan minat belajar matematika Kelas VII SMPN 19 Malang / Nia Adi Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan data observasi pada pra tindakan diketahui bahwa siswa kurang berminat dalam mempelajari matematika sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan Teams Games Tournament (TGT) berbantuan LKPD berbasis Discovery Learning untuk meningkatkan minat belajar matematika kelas VII SMPN 19 Malang. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan model dari Kemmis dan Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang setiap sikusnya terdiri dari 4 pertemuan. Berdasarkan penelitian tahapan model pembelajaran TGT yang dapat meningkatkan minat belajar matematika yaitu 1) Presentasi kelas guru memberikan apersepsi dan motivasi kepada siswa dengan memberikan contoh penerapan dalam kehidupan sehari-hari 2) Belajar kelompok (Teams) siswa dibentuk menjadi siswa 6 kelompok yang terdiri dari 5 siswa setiap kelompok terdiri dari siswa yang berkemampuan tinggi sedang dan rendah. Selanjutnya dilakukan diskusi kelompok menggunakan LKPD berbasis discovery learning. 3) Games tournament games ini terdiri dari pertanyaan-pertanyaan yang harus dijawab oleh siswa. Siswa duduk sesuai dengan nomor dada dan secara bergantian memilih soal pada kotak soal yang ditayangkan pada slide. 4) Rekognisi tim (pemberian penghargaan) setelah games tournament selesai guru memberikan penghargaan kepada tiga kelompok yang mendapat skor tertinggi. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa peningkatan minat belajar matematika siswa dari pra tindakan sebesar 47 87% setelah dilakukan tindakan pada siklus I menggunakan TGT rata-rata minat belajar meningkat sebesar 74 79% dan pada siklus II meningkat sebesar 90 69% dengan kategori baik. Sehingga dapat dinyatakan bahwa model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan LKPD berbasis Discovery Learning dapat meningkatkan minat belajar matematika siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Aug 2022 04:29
Last Modified: 10 Jan 2023 00:36
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/268039

Actions (login required)

View Item View Item