Kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal open-ended jenis pisa / Lutfia Rahmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal open-ended jenis pisa / Lutfia Rahmawati

Rahmawati, Lutfia (2022) Kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal open-ended jenis pisa / Lutfia Rahmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berpikir kreatif matematis adalah kemampuan berpikir orisinal dan reflektif untuk memecahkan masalah sehingga dapat menghasilkan banyak solusi dengan berbagai metode. Kefasihan keluwesan dan orisinalitas merupakan tiga indikator yang digunakan untuk menilai kemampuan berpikir kreatif matematis. Jika ketiga indikator tersebut terpenuhi maka siswa dikatakan memiliki kemampuan berpikir kreatif tingkat tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilakukan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal open-ended jenis PISA. Subjek penelitian ini adalah tiga siswa berusia 15 tahun yang dipilih sesuai standar usia PISA dan berdasarkan informasi dari guru mata pelajaran Matematika sehingga diperoleh kategori siswa dengan kemampuan berpikir kreatif tingkat tinggi sedang dan rendah dengan setiap kategori diwakili oleh satu siswa. Penelitian ini menggunakan metode analisis data Miles dan Huberman yang dilakukan dengan cara mereduksi data menyajikan data dan menyimpulkan data. Triangulasi data dilakukan dengan membandingkan hasil tes dengan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian siswa berkemampuan tinggi memiliki kemampuan berpikir kreatif tingkat 4 (Sangat Kreatif) siswa yang berkemampuan sedang memiliki kemampuan berpikir kreatif tingkat 0 (Tidak Kreatif) pada soal 1 dan tingkat 3 (Kreatif) pada soal 2 dan siswa yang memiliki kemampuan rendah memiliki kemampuan berpikir kreatif tingkat 0 (Tidak Kreatif).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Aug 2022 04:29
Last Modified: 11 Jan 2023 07:43
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/268037

Actions (login required)

View Item View Item