Penerapan pembelajaran kooperatif tipe stad untuk meningkatkan pemahaman konsep garis dan sudut / Yoshi Nishfa Lailatul Maghfiroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif tipe stad untuk meningkatkan pemahaman konsep garis dan sudut / Yoshi Nishfa Lailatul Maghfiroh

Maghfiroh, Yoshi Nishfa Lailatul (2022) Penerapan pembelajaran kooperatif tipe stad untuk meningkatkan pemahaman konsep garis dan sudut / Yoshi Nishfa Lailatul Maghfiroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mengacu dari hasil observasi di kelas VII-C SMPN 19 Malang siswa kurang aktif saat pembelajaran matematika dan dari hasil tes prasiklus menunjukkan hasil bahwa persentase ketuntasan belajar siswa hanya 16 67%. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan langkah-langkah penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD yang mampu meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi garis dan sudut di kelas VII-C SMPN 19 Malang. Metode penelitian ini ialah penelitian tindakan kelas yang menerapkan pembelajaran kooperatif tipe STAD. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran STAD mampu meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi garis dan sudut dengan subjek penelitian kelas VII-C SMPN 19 Malang melalui langkah-langkah yakni presentasi kelas oleh guru bekerja dalam tim kuis secara mandiri penghitungan skor peningkatan pada individu serta penyerahan penghargaan tim. Hal ini dibuktikan pada perolehan persentase ketuntasan belajar siswa yang meningkat dari tes prasiklus sejumlah 16 67% ke tes siklus I menjadi 40% serta ke tes siklus II menjadi 80%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2022 04:29
Last Modified: 10 Jan 2023 07:12
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/268036

Actions (login required)

View Item View Item