Penerapan problem based learning untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis tertulis siswa Kelas XI.IA.2 SMA Negeri 2 Blitar / Dhea Ajeng Nabila - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan problem based learning untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis tertulis siswa Kelas XI.IA.2 SMA Negeri 2 Blitar / Dhea Ajeng Nabila

Nabila, Dhea Ajeng (2022) Penerapan problem based learning untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis tertulis siswa Kelas XI.IA.2 SMA Negeri 2 Blitar / Dhea Ajeng Nabila. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Latar belakang penelitian ini berdasarkan hasil observasi kegiatan pembelajaran matematika di kelas XI.IA.2 SMA Negeri 2 Blitar pasca pandemi. Banyak siswa malas belajar mandiri membuat guru harus menjelaskan terlebih dahulu modul yang sudah diberikan dengan metode ceramah. Siswa pun hanya mendengarkan tanpa bertanya sehingga mengakibatkan lemahnya kemampuan komunikasi matematis siswa. Saat diberikan soal peninjau hanya 5 88% siswa yang kemampuan komunikasi matematis tertulisnya sudah baik. Akibatnya kemampuan komunikasi matematis tertulis siswa kelas XI.IA.2 sangat kurang. Sehingga tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan PBL yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis tertulis siswa pada materi barisan dan deret aritmatika dan geometri. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan langkah-langkah setiap siklusnya yaitu perencanaan pelaksanaan tindakan observasi refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah-langkah PBL yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis tertulis siswa kelas XI.IA.2 SMA Negeri 2 Blitar yaitu (1) orientasi siswa pada masalah mengarahkan siswa untuk mengerjakan permasalahan pada LKPD yang telah dikirimkan 2 atau 3 hari sebelum pembelajaran (2) mengorganisasi siswa untuk belajar mengarahkan siswa untuk menjawab pertanyaan atau masalah-masalah dalam LKPD dengan mengumpulkan informasi dari berbagai sumber (3) membimbing penyelidikan individu maupun kelompok membuatkan forum diskusi tiap kelompok di setiap pertemuan dan memperbolehkan siswa bertanya melalui WhatsApp saat mengalami kesulitan dalam menyelesaikan permasalahan dalam LKPD (4) mengembangkan dan menyajikan data menentukan kelompok yang melakukan presentasi dan kelompok yang menanggapi sebelum pelaksanaan agar semua kelompok aktif dan (5) menganalisa dan mengevaluasi proses pemecahan masalah meminta seluruh siswa untuk membandingkan hasil pekerjaan kelompoknya dengan hasil pekerjaan kelompok lain dan meminta siswa untuk menyimpulkan materi pembelajaran di setiap pertemuan. Persentase kegiatan guru dan siswa pada akhir siklus berkategori sangat baik dimana persentase masing-masing sebesar 96 5% dan dan 92 6%. Sedangkan persentase hasil tes kemampuan komunikasi matematis tertulis siswa yaitu 88 23%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/268035

Actions (login required)

View Item View Item