Pengembangan LKS berbasis problem based learning (PBL) pada materi barisan dan deret aritmatika kelas X jurusan MPLB (manajemen Perkantoran dan layanan bisnis) SMK Negeri 1 Probolinggo / Via Anisa Lidia Nika - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan LKS berbasis problem based learning (PBL) pada materi barisan dan deret aritmatika kelas X jurusan MPLB (manajemen Perkantoran dan layanan bisnis) SMK Negeri 1 Probolinggo / Via Anisa Lidia Nika

Nika, Via Anisa Lidia (2022) Pengembangan LKS berbasis problem based learning (PBL) pada materi barisan dan deret aritmatika kelas X jurusan MPLB (manajemen Perkantoran dan layanan bisnis) SMK Negeri 1 Probolinggo / Via Anisa Lidia Nika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan yang ditemukan yaitu dibutuhkannya pengembangan LKS yang mampu membangun kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas X SMK Negeri 1 Probolinggo. Tujuan dari penelitian ini untuk menghasilkan LKS berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi barisan dan deret aritmatika kelas X yang memenuhi kriteria valid praktis dan efektif dalam membangun kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas X jurusan MPLB (Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis) SMK Negeri 1 Probolinggo. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini yaitu model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap antara lain analisis desain pengembangan implementasi serta evaluasi. Berdasarkan hasil dari analisis data dalam penelitian ini dihasilkan LKS dengan kriteria valid praktis dan efektif dalam membangun kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. (a) Skor kevalidan LKS yaitu 3 6 memenuhi kriteria valid (b) skor kepraktisan LKS dengan menggunakan lembar angket respon guru yaitu 3 8 memenuhi kriteria praktis dan lembar angket respon siswa yaitu 3 67 memenuhi kriteria praktis skor kepraktisan menggunakan lembar observasi aktivitas guru dengan skor 3 73 memenuhi kriteria praktis dan lembar observasi aktivitas siswa dengan skor 3 8 memenuhi kriteria praktis (c) keefektifan LKS berdasarkan total rata-rata persentase tingkat penguasaan kemampuan pemecahan masalah matematika dari hasil tes siswa diperoleh persentase sebesar 82 8% dengan kata lain LKS yang dikembangkan dinyatakan efektif dalam membangun kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2022 04:29
Last Modified: 10 Jan 2023 08:30
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/268034

Actions (login required)

View Item View Item