Ariani, Rusida (2022) Pemecahan masalah matematis siswa dalam menyelesaikan soal AKM pola bilangan menggunakan tahapan polya / Rusida Ariani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Peran matematika meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dalam dunia pendidikan masih belum terwujud karena siswa SMP Negeri 4 Malang masih belum terbiasa menyelesaikan soal non-rutin. Mendeskripsikan kemampuan yang dimiliki siswa kelas 8-A SMP Negeri 4 Malang ketika menyelesaikan soal AKM pola bilangan menggunakan tahapan Polya merupakan tujuan penelitian dilakukan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dan subjek penelitian terdiri atas 3 orang siswa kelas 8-A yang dipilih dengan pertimbangan tertentu. Tes dan pedoman wawancara merupakan instrumen yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan pemecahan masalah kategori tinggi berhasil melaksanakan keempat tahap pemecahan masalah Polya namun salah memilih strategi pemecahan untuk soal ketiga. Siswa dengan kemampuan pemecahan masalah kategori sedang berhasil melaksanakan tahap ketiga yaitu menerapkan strategi penyelesaian dengan tepat. Siswa dengan kemampuan pemecahan masalah kategori rendah belum berhasil melaksanakan keempat tahap pemecahan masalah Polya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 07 Sep 2022 04:29 |
Last Modified: | 30 Dec 2022 01:21 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/268028 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |