Identifikasi dan uji kemampuan hiodrolisis protein pada bakteri proteolitik yang diisolasi dari wadi / Ria Yustika Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Identifikasi dan uji kemampuan hiodrolisis protein pada bakteri proteolitik yang diisolasi dari wadi / Ria Yustika Sari

Sari, Ria Yustika (2017) Identifikasi dan uji kemampuan hiodrolisis protein pada bakteri proteolitik yang diisolasi dari wadi / Ria Yustika Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sari Ria Yustika. 2017. Identifikasi dan Uji Kemampuan Hidrolisis Protein Pada Bakteri Proteolitik yang Diisolasi dari Wadi. Skripsi Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Dra. Utami Sri Hastuti M.Pd (II) Sitoresmi Prabaningtyas S.Si. M.Si. Kata Kunci wadi bakteri proteolitik indeks hidrolisis protein Wadi merupakan salah satu makanan tradisional Suku Dayak di Kalimantan Tengah yang berbahan dasar ikan. Wadi dibuat dengan penambahan garam dan lumu yang terdiri dari biji-bijian. Masyarakat Suku Dayak membuat wadi sebagai persediaan lauk pauk saat musim sulit mendapat ikan dan sebagai bekal berladang berburu atau mengumpulkan hasil hutan. Pada wadi terdapat beberapa spesies bakteri proteolitik yang mampu mendegradasi protein. Kemampuan bakteri proteolitik dalam menghidrolisis protein dapat diketahui melalui penghitungan indeks hidrolisis protein. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengidentifikasi spesies-spesies bakteri proteolitik yang berasal dari wadi (2) menghitung indeks hidrolisis protein pada tiap spesies bakteri proteolitik yang diisolasi dari wadi dan (3) menentukan spesies bakteri proteolitik yang mempunyai indeks hidrolisis protein tertinggi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif eksploratif. Sampel wadi yang digunakan dalam penelitian ini adalah wadi yang berbahan dasar ikan patin. Penentuan spesies bakteri proteolitik di medium Skim Milk Agar berdasarkan hasil bagi antara diameter zona bening yang terbentuk di sekitar koloni bakteri dan diameter koloni bakteri yang diinkubasikan pada suhu 370C selama 2 x 24 jam. Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari sampai dengan bulan Mei tahun 2017 di Laboratorium Mikrobiologi Jurusan Biologi FMIPA UM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat lima spesies bakteri proteolitik yang terisolasi dari wadi yaitu Enterobacter agglomerans Pseudomonas fluorescens Nitrococcus mobilis Acinetobacter baumannii dan Micrococcus varians (2) hasil penghitungan menunjukkan bahwa nilai indeks hidrolisis protein Enterobacter agglomerans sebesar 3 223 Pseudomonas fluorescens sebesar 2 254 Nitrococcus mobilis sebesar 1 666 Acinetobacter baumannii sebesar 3 417 dan Micrococcus varians sebesar 3 449 (3) Micrococcus varians mempunyai indeks hidrolisis protein tertinggi yaitu 3 449.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/26802

Actions (login required)

View Item View Item