Penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe circ (cooperative integrated reading and composition) yang dimodifikasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa / Muhammad Ghiffar - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe circ (cooperative integrated reading and composition) yang dimodifikasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa / Muhammad Ghiffar

Ghiffar, Muhammad (2022) Penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe circ (cooperative integrated reading and composition) yang dimodifikasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa / Muhammad Ghiffar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Matematika diklaim menjadi salah satu mata pelajaran yang sukar dipahami oleh siswa. Metode pembelajaran konvensional tipe ceramah atau ekspositori yang dipakai oleh kebanyakan guru tidak memiliki pengaruh atau dampak yang signifikan bagi pembelajaran siswa terlebih lagi pada pelajaran matematika. Selain membuat siswa pasif metode ceramah juga membuat siswa cepat bosan sehingga berdampak kepada hasil belajar mereka. Hal tersebut diperparah apabila siswa dihadapkan dengan materi yang sebagian besar atau keseluruhannya berupa soal cerita atau soal yang membutuhkan kemampuan representasi untuk menangkap inti dari persoalan tersebut. Agar siswa dapat belajar lebih aktif dan tidak bosan serta dapat merepresentasikan soal matematika yang berupa soal cerita atau persoalan yang panjang maka digunakanlah model pembelajaran kooperatif. CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) yang dimodifikasi. Metode tersebut adalah salah satu dari sekian banyak dari jenis model pembelajaran tipe kooperatif. Metode Pembelajaran CIRC yang dimodifikasi dirasa dapat meningkatkan hasil belajar siswa karena menurut penelitian ini dimana tingkat ketuntasan siswa pada pra-tindakan hanyalah 22% meningkat menjadi 53 85% pada siklus 1 dan terus meningkat menjadi 76 92% pada siklus 2 setelah dilakukan refleksi atas kekurangan pada siklus 1. Hal tersebut dikarenakan metode tersebut dapat juga meningkatkan gairah belajar serta tantangan tersendiri bagi siswa karena metode tersebut mengandung unsur permainan sehingga para siswa tidak bosan ketika proses belajar mengajar sedang berlangsung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Oct 2022 04:29
Last Modified: 28 Dec 2022 08:41
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/268013

Actions (login required)

View Item View Item