Analisis interaksi siswa dalam pembelajaran kooperatif stad ditinjau dari pemosisian siswa / Muhammad Zirhannudin - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis interaksi siswa dalam pembelajaran kooperatif stad ditinjau dari pemosisian siswa / Muhammad Zirhannudin

Zirhannudin, Muhammad (2022) Analisis interaksi siswa dalam pembelajaran kooperatif stad ditinjau dari pemosisian siswa / Muhammad Zirhannudin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak Pembelajaran Kooperatif STAD tidak jauh dari pembelajaran kerja kelompok yang memicu terjadinya interaksi antar siswa. Diskusi kelompok merupakan salah satu komponen penting dari rencana pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui banyaknya interaksi antar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif STAD yang ditinjau dari pemosisian siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah dua kelompok belajar siswa yang dibagi secara acak masing-masing kelompok berisikan 4 anggota. Instrument dari penelitian ini yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Lembar Kerja Peserta Didik serta pedoman interaksi dan pemosisian siswa. Materi yang digunakan pada penelitian ini yaitu materi matematika pada bab pola bilangan. Pada saat diskusi kelompok segala bentuk interaksi pengetahuan dan tindakan direkam dan didokumentasikan. Dari hasil penelitian yang dilakukan ditemukan 5 jenis interaksi yakni pemberian informasi permintaan informasi melakukan tindakan permintaan tindakan serta tindakan yang tidak sesuai. Kedua kelompok memiliki interaksi yang sama banyak dengan pemosisian yang berubah-ubah hanya 1 posisi pada kelompok B yang tetap pada yaitu pada posisi ahli. Saran untuk peneliti yang akan datang perlunya dilakukan analisis bagaimana interaksi siswa dalam pengerjaan soal matematika menggunakan model pembelajaran selain kooperatif yang ditinjau dari pemosisian agar dapat dilihat interaksi yang terjadi apakah pembelajaran menjadi lebih efektif dan kolaboratif atau tidak. Peneliti selanjutnya juga bisa melakukan analisis pemosisian siswa yang ditinjau dari permintaan informasi ataupun berdasarkan pemberian informasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Oct 2022 04:29
Last Modified: 15 Dec 2022 02:35
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/268012

Actions (login required)

View Item View Item