Analisis miskonsepsi siswa pada persamaan linier satu variabel dengan menggunakan four tier test - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis miskonsepsi siswa pada persamaan linier satu variabel dengan menggunakan four tier test

Aprilia, Intan (2022) Analisis miskonsepsi siswa pada persamaan linier satu variabel dengan menggunakan four tier test. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini didasari pada saat pembelajaran matematika di kelas IX SMPN 10 Malang. Masih terdapat siswa pada proses pembelajaran yang belum dapat mengerjakan soal sesuai dengan konsep yang diberikan khususnya pada materi persamaan linier satu variabel. Akibatnya jika hal tersebut dibiarkan dapat menyebabkan miskonsepsi yang terjadi pada siswa. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk menganalisis miskonsepsi yang terjadi pada kelas IX SMPN 10 Malang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang menggunakan instrumen dalam bentuk four-tier test dengan menggunakan indikator pemahaman konsep (a) siswa dapat mendefinisikan kembali konsep (b) mengelompokkan objek tertentu menurut jenisnya (c) menjelaskan asal mula jawaban tertulis (d) menyampaikan contoh dan bukan contoh (e) merepresentasikan konsep secara matematis dan (f) menerapkan konsep pada masalah. Dari hasil yang telah dilakukan siswa kelas IX SMPN 10 Malang mengalami miskonsepsi pada semua indikator pemahaman konsep dengan jumlah presentase yang berbeda dengan kriteria rata-rata sedang. Siswa masih belum memahami konsep sebenarnya dari persamaan liner satu variabel hal tersebut menyebabkan sebagian siswa belum dapat membedakan mana yang contoh dan bukan contoh dari persamaan linier satu variabel. Selain itu siswa juga belum dapat membedakan mana yang termasuk konstanta variabel maupun koefisien dan siswa juga kurang menguasai dalam mengoperasikan aljabar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Nov 2022 04:29
Last Modified: 14 Aug 2023 07:12
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/268010

Actions (login required)

View Item View Item