Sirojul M, Mochammad (2012) Pengembangan E-Module mata pelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA) kelas V materi tumbuhan hijau di SDI Surya Buana Malang / Mochammad Sirojul M. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Pengembangan E-Module Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kecanggihan komputer saat ini memberikan alternatif media pembelajaran yang dapat memperlancar proses pembelajaran di sekolah. Pemanfaatan komputer ini dalam bentuk interaktif dimana modul yang ada saat ini masih dalam bentuk cetak .Berdasarkan observasi di SDI Surya Buana Malang saat ini proses pembelajaran di kelas khususnya mata pelajaran IPA masih belum menggunakan komputer walaupun tersedia ruang laboratorium komputer dan siswa yang telah menguasai penggunaan komputer. Selain itu proses belajar masih belum bervariasi hanya guru menjelaskan Tanya jawab dan sekali-kali praktikum. Sehingga perbedaan karakteristik siswa terabaikan. Untuk itu diperlukan media pembelajaran yang memanfaatkan komputer yang telah tersedia dan memperhatikan karakteristik siswa yang berbeda-beda yaitu dengan pengembangan e-module yang di desain berbentuk komputer interaktif. Tujuan dari pengembangan adalah untuk menghasilkan pembelajaran berupa e- module yang menggunakan strategi pembelajaran individual sehingga siswa dapat mengalami kemajuan belajar yang telah diperoleh. Agar proses pembelajaran lebih menarik variatif dan siswa dapat termotivasi dalam belajar mata pelajaran IPA sehingga tujuan pembelajaran tercapai. Model Pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE (Reiser Robert A John V. Dempsey 2002 18). Dalam sistematika pengembangannya terdapat langkah-langkah yang akan dilakukan guna mencapai hasil yang diharapkan. Adapun tahap-tahap tersebut antara lain (1) Analisis/Analysis (2) Desain/Design (3) Pengembangan/ Development (4)Implementasi/Implementation (5)Evaluasi/Evaluation . Tujuannya agar dapat diuji keefektifannya serta dapat dipertanggungjawabkan. Berdasarkan hasil uji coba dapat dikemukakan sebagai berikut uji coba ahli media di dapat presentase 75% berdasarkan kriteria kelayakan e-module ini termasuk kualifikasi cukup valid uji coba ahli desain didapat presentase 90% berdasarkan kriteria kelayakan e-module ini termasuk kualifikasi valid uji coba ahli meteri didapat presentase 81 67% berdasarkan kriteria kelayakan e-module ini termasuk kualifikasi valid uji coba siswa kelompok kecil didapat presentase 78 34% berdasarkan kriteria kelayakan e-module ini termasuk kualifikasi valid uji coba siswa kelompok besar didapat presentase 76 75% berdasarkan kriteria kelayakan e- module ini termasuk kualifikasi valid uji coba siswa lapangan didapat presentase i 76 73% berdasarkan kriteria kelayakan e-module ini termasuk kualifikasi valid sedangkan hasil belajar dibandingkan dengan SKM pada mata pelajaran IPA. Uji coba kelompok kecil menunjukkan bahwa semua siswa berhasil memenuhi SKM sehingga termasuk kualifikasi efektif uji coba kelompok besar ada 8 siswa berhasil memenuhi SKM sehingga didapat presentase 80% dan yang tidak memenuhi SKM berjumlah 2 siswa didapat presentasi 20% sehingga termasuk kualifikasi efektif serta uji coba lapangan menunjukkan bahwa 26 siswa didapat presentasi 89 66% dan yang tidak memenuhi SKM berjumlah 3 siswa didapat presentasi 10 35% sehingga termasuk kualifikasi efektif. Kesimpulan pengembangan e-module mata pelajaran IPA kelas V materi Tumbuhan hijau valid dan efektif untuk dimanfaatkan sebagai media alternatif untuk Sekolah Dasar (SD). Saran dari pengembang sebagai berikut (1) bagi guru sebaiknya untuk mengikuti pelatihan e-module supaya bisa mengembangkan e- module dengan materi lain.(2) bagi sekolah e-module bisa dijadikan media alternatif yang terjangkau harga penggandaanya karena cuma menggunakan CD (3) bagi pengembang selanjutnya supaya bisa terus berinovasi menciptakan media pembelajaran yang lebih kreatif
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Feb 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/268 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |