Proses berkarya ansambel saksofon pada komunitas Saxommunity Malang / Erick Ryan Prianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Proses berkarya ansambel saksofon pada komunitas Saxommunity Malang / Erick Ryan Prianto

Prianto, Erick Ryan (2021) Proses berkarya ansambel saksofon pada komunitas Saxommunity Malang / Erick Ryan Prianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK . Prianto Erick Ryan. 2021. Proses Berkarya Ansambel Saksofon pada Komunitas Saxommunity Malang Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Soerjo Wido Minarto M.Pd. Kata Kunci Proses berkarya ansambel saksofon saxommunity Malang. Komunitas saksofon Malang atau saxommunity Malang adalah kumpulan musisi musisi instrumental tiup saksofon yang sudah mahir memainkan instrumen saksofon di dalam sebuah pertunjukan musik baik dalam format solo duo trio orchestra maupun ansambel. Jenis musik yang sering dibawakan oleh saxomunity Malang adalah jenis musik ansambel yaitu ansambel musik sejenis. Ansambel musik sejenis adalah kumpulan beberapa orang pemain yang memainkan lagu secara bersama-sama dengan satu jenis alat musik yang sama di dalam hal ini saxommunity Malang memainkan lagu atau karya secara bersama-sama dengan alat musik yang sama yaitu saksofon. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berkarya ansambel saksofon pada saxommunity Malang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara observasi dan dokumentasi. Analis data dimulai dari tahap reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa susunan struktur proses berkarya ansambel saksofon pada saxommunity Malang mempunyai langkah-langkah untuk meramu dalam membuat sebuah lagu atau karya dengan aransemen baru adapun langkah-langkah tersebut dimulai dari eksplorasi eksperimen forming komposisi dan performance. Proses berkarya ini dipimpin oleh seorang komposer yang meramu dari tahap awal sampai tahap akhir dan komposer juga yang menentukan jenis aransemen baru yang akan dibawakan. Kesimpulan penelitian ini adalah proses berkarya ansambel saksofon pada saxommunity Malang memiliki susunan struktur yang bertahap selain kumpulan pemain saksofon yang bermain bersama-sama dengan part-part yang sudah dibagi proses membuat sebuah aransemen baru juga disusun dimulai dari tahap eksplorasi eksperimen forming komposisi dan performance. Pada tahap eksperimen memiliki tahapan yang lebih spesifik seperti tahapan imitasi improvisasi latihan evaluasi dan tahapan eksekusi. Adapun penelitian ini disarankan bagi peneliti selanjutnya untuk melakukan penelitian lebih dalam lagi dan membahas tentang teknik permainan pada ansambel saksofon Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Oct 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/267998

Actions (login required)

View Item View Item