Pengembangan media berbasis animasi 2D Tari Tahu Kuning untuk x-MIPA-h SMAN 1 Kediri / Odylia Tara Andhika - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media berbasis animasi 2D Tari Tahu Kuning untuk x-MIPA-h SMAN 1 Kediri / Odylia Tara Andhika

Andhika, Odylia Tara (2022) Pengembangan media berbasis animasi 2D Tari Tahu Kuning untuk x-MIPA-h SMAN 1 Kediri / Odylia Tara Andhika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kurangnya minat dan ketertarikan siswa dalam pembelajaran Seni Budaya di SMAN 1 Kediri berdampak pada nilai siswa terutama kelas X-MIPA-H yang rata-rata siswa belum melampaui KKM sekolah (75). Tari Tahu Kuning adalah salah satu materi pembelajaran Seni Budaya yang diterapkan pada siswa kelas X SMAN 1. Sesuai kemajuan teknologi guna meningkatkan minat ketertarikan serta pemahaman siswa terhadap pembelajaran seni tari diperlukan media pembelajaran digital dalam bentuk animasi 2D. Produk media animasi 2D yang dipilih telah disesuaikan dengan permasalahan yang ada pada kelas X-MIPA-H. Tujuan penelitian ini menghasilkan produk dan menguji hasil produk sebagai upaya agar fasilitas media animasi 2D dapat digunakan secara maksimal yang berdampak dalam pembelajaran Seni Tari. Metode penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan (R amp D) model 4D Thiagarajan dengan 4 tahapan define design development disseminate. Hasil produk media pembelajaran berupa video tari yang berisi Tari Tahu Kuning secara keseluruhan berbasis animasi 2D. Penelitian yang dilakukan menunjukkan ahli media memberikan kriteria ldquo sangat valid rdquo sebesar 92% ahli materi memberikan kriteria ldquo sangat valid rdquo sebesar 96% kemudian hasil uji coba pada 35 siswa memberikan kriteria ldquo valid rdquo sebesar 82 28%. Media video animasi juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang dapat dilihat dari peningkatan nilai pretest dan posttest menunjukkan peningkatan nilai sebesar 51 42% diatas KKM. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa produk media berbasis animasi 2D Tari Tahu Kuning layak digunakan menambah minat dan ketertarikan siswa dan disebarluaskan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/267989

Actions (login required)

View Item View Item