Pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai strategi peningkatan kreativitas gerak tari pada kegiatan pembelajaran ekstrakurikuler tari kelas 8 PPST / Arin Novita - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai strategi peningkatan kreativitas gerak tari pada kegiatan pembelajaran ekstrakurikuler tari kelas 8 PPST / Arin Novita

Novita, Arin (2022) Pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai strategi peningkatan kreativitas gerak tari pada kegiatan pembelajaran ekstrakurikuler tari kelas 8 PPST / Arin Novita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kelas merupakan salah satu contoh tempat ruang belajar yang sering digunakan untuk berkativitas dalam kegiatan belajar mengajar oleh siswa dan guru. Sarana belajar sendiri tidak hanya dilakukan didalam ruangan tetapi bisa diterapkan pada luar ruangan. Kegiatan outdoor learningsalah satu cara yang dapat mendukung siswa untuk bertindak aktif dan mengeksplorasikan kemandiriannya untuk menciptakan suatu kreativitas. Kreativitas sangat dibutuhkan dalam pembelajaran ekstrakruikuler tari karena untuk menciptakan suatu tarian. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan strategi peningkatan kreativitas gerak tari dengan memanfaatkan lingkungan sekolah yaitu taman sekolah pada pembelajaran ekstrakurikuler tari metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan objek penelitian siswa kelas 8PPST SMPN 24 Malang. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi wawancara dokumentasi berupa foto dan vidiokegiatan ekstrakurikuler dan penyebaran kueisioner yang diberikan kepada 16 siswa. Cara yang digunakan peneliti dalam memvalidasi data mengunakan dua triangulasi yaitu triangulasi sumber dengan membandingkan hasil wawancara terhadap 5 narasumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi yang digunakan dalam pembelajaran ini yaitu memanfaatkan komponen-komponen ekosistem seperti daun yang ada taman sekolah sebagai media untuk mencari ide atau inspirasi bagi siswa dalam mengeksplore gerak untuk meningkatkan kreativitas. Dari pembelajaran yang dilakukan di lingkungan sekolah para siswa mengunakan metode active learning dan mendapatkan hasil nilai dengan rata-rata 88 25 dalam kategori point A.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/267988

Actions (login required)

View Item View Item