Perkembangan pergelaran nemlikuran pada tahun 2016-2020 di SMK Negeri 8 Surakarta / Deka Armamevia Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Perkembangan pergelaran nemlikuran pada tahun 2016-2020 di SMK Negeri 8 Surakarta / Deka Armamevia Putri

Putri, Deka Armamevia (2022) Perkembangan pergelaran nemlikuran pada tahun 2016-2020 di SMK Negeri 8 Surakarta / Deka Armamevia Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kota Surakarta merupakan pusat kebudayaan Jawa dengan slogan ldquo Solo Spirit of Java rdquo . Keberadaan kesenian di Kota Surakarta salah satunya dipengaruhi oleh adanya lembaga pendidikan seni diantara lembaga tersebut SMK Negeri 8 Surakarta merupakan sekolah menengah kejuruan yang bergerak dibidang kesenian. SMK Negeri 8 Surakarta memiliki kegiatan rutin yang cukup dikenali oleh masyarakat yakni Anggara Kasih Pitulasan Nemlikuran Pitulikuran dan Sangalikuran namun kegiatan yang paling banyak diminati dan diketahui oleh masyarakat baik di dalam maupun luar kota adalah Nemlikuran. Pergelaran Nemlikuran merupakan kegiatan rutin bulanan di SMK Negeri 8 Surakarta yang mewadahi seni tari. Kegiatan ini dibentuk atas ide alumni sebagai respon keprihatinan tentang kurangnya panggung untuk tari tradisi. Tujuan penelitian adalah menganalisis perkembangan Pergelaran Nemlikuran dari tahun 2016 sampai 2020. Penelitian ini bersifat interpretatif dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui wawancara observasi dan dokumentasi dengan menggunakan triangulasi untuk memeriksa keabsahan data. Hasil penelitian ini adalah (1)Nemlikuran merupakan salah satu wadah pertunjukan sebagai upaya pelestarian bidang seni di Kota Surakarta yang menjadi ajang silaturahmi seniman di Indonesia. Nemlikuran berdiri pada tahun 2003 atas diskusi alumni tentang keresahan akibat kurangnya minat masyarakat terhadap tari tradisi. (2)Bentuk Pergelaran Nemlikuran ini adalah pertunjukan tari baik itu tari lepas yang ditampilkan secara tunggal berpasangan atau berkelompok dramatari fragmen dan kolaborasi seni. (3)Perkembangan Pergelaran Nemlikuran pada tahun 2016 ditandai dengan adanya publikasi kegiatan menggunakan pamflet yang disebar di media sosial sedangkan perkembangan pada tahun selanjutnya mengalami naik turun dikarenakan faktor minat penonton terhadap pergantian pengisi acara yang tampil pada setiap bulan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/267987

Actions (login required)

View Item View Item