Analisis struktur melodi lagu "lihatlah lebih dekat" karya Elfa Secioria / Lulu Nailufar - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis struktur melodi lagu "lihatlah lebih dekat" karya Elfa Secioria / Lulu Nailufar

Nailufar, Lulu (2022) Analisis struktur melodi lagu "lihatlah lebih dekat" karya Elfa Secioria / Lulu Nailufar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Lagu "Lihatlah Lebih Dekat" merupakan salah satu karya Elfa Secioria yang fenomenal yang rilis pada tahun 2000. Lagu ini dinyanyikan oleh Sherina Munaf. Struktur komposisi pada penelitian ini terdiri atas bagian motif frase dan kadens. Tujuan penelitian ini adalah melakukan deskripsi dan analisis lagu yang berjudul "Lihatlah Lebih Dekat" untuk mengetahui bagian motif frase dan kadens yang digunakan pada karya tersebut serta untuk memperkenalkan lagu "Lihatlah Lebih Dekat" lebih secara luas. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan data yang berupa hasil wawancara narasumber. Narasumber dalam penelitian ini adalah Laxmi Nurul Suci sebagai informan utama karena terlibat dalam perekaman lagu ldquo Lihatlah Lebih Dekat rdquo dan film Petualangan Sherina. Observasi penelitian ini dilakukan dengan mentranskrip lagu "Lihatlah Lebih Dekat" ke dalam notasi balok dan menganalisis partitur tersebut untuk mendapat data-data dari lagu tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara struktur komposisi bahwa pada lagu "Lihatlah Lebih Dekat" mempunyai 7 bagian yang terdiri atas bagian A A ' B C D D ' dan E. Kemudian mempunyai 25 motif 7 frase antesedens 7 frase konsekuen dan 2 jenis kadens. Pada lagu "Lihatlah Lebih Dekat" juga memiliki ciri khas yang mayoritas awal kalimat lagu diawali bukan dengan ketukan berat namun pada ketukan setengahnya dan lagu ini memiliki dua tema besar yaitu pada bagian A menggunakan tangga nada minor dengan suasana sedih dan pada bagian E menggunakan tangga nada Mayor dengan suasana yang bahagia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jul 2022 04:29
Last Modified: 12 Apr 2023 03:49
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/267980

Actions (login required)

View Item View Item