Hubungan kemampuan membaca notasi balok terhadap hasil belajar ekstrakurikuler paduan suara di SMA Negeri 1 Batu / Dyah Ayu Titasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan kemampuan membaca notasi balok terhadap hasil belajar ekstrakurikuler paduan suara di SMA Negeri 1 Batu / Dyah Ayu Titasari

Titasari, Dyah Ayu (2022) Hubungan kemampuan membaca notasi balok terhadap hasil belajar ekstrakurikuler paduan suara di SMA Negeri 1 Batu / Dyah Ayu Titasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ekstrakurikuler paduan suara bertujuan untuk mengembangkan bakat dan minat siswa dalam bidang tarik suara. Beberapa siswa kurang mahir dalam membaca notasi balok sehingga hasil belajar siswa cenderung rendah saat ujian secara individu tetapi saat siswa bernyanyi bersama-sama dapat membawakan lagu dengan baik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan dan pengaruh antara kemampuan membaca notasi balok terhadap hasil belajar ekstrakurikuler paduan suara di SMA Negeri 1 Batu. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitaif. Data dianalisis dengan menggunakan analisis korelasi uji deskriptif dan uji linearitas. Siswa yang mengikuti ekstrakurikuler paduan suara sebanyak 50 siswa seluruhnya dijadikan populasi dan sampel. Hasil penelitian membuktikan bahwa kemampuan membaca notasi balok memiliki hubungan atau berkorelasi kuat (0 803) dengan hasil belajar ekstrakurikuler paduan suara di SMA Negeri 1 Batu. Hasil belajar ekstrakurikuler paduan suara 64 4% ditentukan oleh kemampuan membaca notasi balok dan 35 6% ditentukan oleh faktor lain diantaranya lingkungan motivasi belajar frekuensi berlatih dan bakat minat terhadap musik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/267979

Actions (login required)

View Item View Item