Pengembangan buku teks tari gandrung seblang lukinto sebagai bahan ajar di kelas x ips 2 sma negeri 1 gambiran / Nindy Iraning Pamuji - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku teks tari gandrung seblang lukinto sebagai bahan ajar di kelas x ips 2 sma negeri 1 gambiran / Nindy Iraning Pamuji

Pamuji, Nindy Iraning Pamuji (2021) Pengembangan buku teks tari gandrung seblang lukinto sebagai bahan ajar di kelas x ips 2 sma negeri 1 gambiran / Nindy Iraning Pamuji. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran seni budaya di SMA Negeri 1 Gambiran berjalan dengan baik dengan adanya bahan ajar akan tetapi dari materi pembelajaran seni budaya tidak menjelaskan secara lengkap mengenai materi seni tari. Kelas IPS 2 menjadi sasaran dalam tujuan pengembangan bahan ajar dikarenakan memiliki nilai rata-rata nilai dominan rendah dari 8 kelas lainnya. Penelitian ini mengembangkan buku teks tari Gandrung Seblang Lukinto dengan materi bentuk gerak tari jenis gerak tari fungsi tari dan nilai estetis tari. Metode penelitian dan pengembangan menggunakan metode research and development oleh Borg and Gall yang telah dimodifikasi sesuai kebutuhan penelitian sebagai berikut (1) pra produksi (2) produksi (3) pasca produksi. Hasil validasi dinyatakan valid atau layak setelah melalui proses uji validasi tahap I dan II. Hasil validasi akhir tahap II dinilai oleh ahli desain (96 4%) ahli materi (100%) ahli bahasa ( 97 2%) dan diuji cobakan kepada 35 siswa dengan hasil uji pre test (55%) dan hasil uji post test (94 5%). Saran untuk guru dan siswa yaitu mempelajari terlebih dahulu materi tari Gandrung Seblang Lukinto dan diharapkan buku teks dapat digunakan sebagai proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Sep 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/267975

Actions (login required)

View Item View Item