Eksistensi ludruk armada desa rembun kecamatan dampit pada masa pandemi covid-19 / Sandra Adi Saputra - Repositori Universitas Negeri Malang

Eksistensi ludruk armada desa rembun kecamatan dampit pada masa pandemi covid-19 / Sandra Adi Saputra

Saputra, Sandra Adi Saputra (2022) Eksistensi ludruk armada desa rembun kecamatan dampit pada masa pandemi covid-19 / Sandra Adi Saputra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang upaya seni pertunjukan ludruk mempertahankan eksistensinya di masa panemi covid-19. Subjek penelitian yang di tuju adalah Ludruk Armada Desa Rembun Kecamatan Dampit. Karya karya yang disajikan oleh ludruk Armada sangat diminati oleh seluruh kalangan usia di Kecamatan Dampit Kabupaten Malang. Namun pandemi covid-19 membuat ludruk Armada mengalami penurunan dalam proses kreatif. Dengan adanya wabah pandemi covid-19 masyarakat termotivasi untuk mengembangkan sebuah seni yang unik dan baru yakni dunia seni virtual. Hal ini tidak terkecuali juga untuk penggiat seni ludruk. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan mengkaji dan menilai eksistensi ludruk Armada Desa Rembun Kecamatan Dampit pada masa pandemi covid-19. Adapun batas dari permasalahan yang diteliti yaitu 1) faktor yang mempengaruhi eksistensi Ludruk Armada 2) bentuk eksistensi dari kesenian Ludruk Armada pada masa pandemi covid-19. Pada penelitian ini metode yang digunakan peneliti adalah metode penelitian kualitatif. Peneliti dalam pengumpulan data menggunakan teknik observasi wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian diatas menunjukan eksistensi ludruk Armada Desa Rembun Kecamatan Dampit pada masa pandemic covid-19. Ludruk virtual dijadikan sebagai salah satu wadah untuk penggiat dalam berekspresi dan mengembangkan eksistensi dari kesenian ludruk dimana hal ini tidak lepas dari bantuan sosial media. Diharapkan seniman ludruk Kabuaten Malang tetap melestarikan kesenian ludruk dengan sebaik-baiknya supaya kesenian tersebut tidak hilang ditelan zaman dan diharapkan seniman bisa terus mengasah ide-ide baru yang inovatif supaya kesenian ludruk tetap menarik minat pemuda masa kini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/267974

Actions (login required)

View Item View Item