Strategi pembelajaran pada ekstrakurikuler vokal solo di MAN 2 Tulungagung / Naila Hawaiz - Repositori Universitas Negeri Malang

Strategi pembelajaran pada ekstrakurikuler vokal solo di MAN 2 Tulungagung / Naila Hawaiz

Hawaiz, Naila (2022) Strategi pembelajaran pada ekstrakurikuler vokal solo di MAN 2 Tulungagung / Naila Hawaiz. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Artikel ini mengkaji tentang efektivitas strategi yang digunakan guru dalam mengajar ekstrakurikuler vokal solo di MAN 2 Tulungagung . Pembelajaran seni musik merupakan pembelajaran yang memberikan kemampuan mengekspresikan dan mengapresiasikan seni secara kreatif untuk pengembangan kepribadian siswa dan memberikan sikap-sikap atau emosional yang seimbang. Pembelajaran musik disekolah bisa didapat diluar kelas yaitu melalui kegiatan Ekstrakurikuler. Ekstrakurikuler vokal solo merupakan salah satu kegiatan ekstrakurikuler bidang musik di MAN 2 Tulungagung yang di minati siswa. Siswanya juga berprestasi dalam mengikuti kompetisi vokal solo baik tingkat kabupaten provinsi maupun nasional. Keberhasilan pembelajaran tersebut dikarenakan gurunya menggunakan strategi yang tepat dalam proses pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai . Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi yang digunakan guru pada ekstrakurikuler vokal solo di MAN 2 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi wawancara dan dokumentasi. Data yang sudah terkumpul kemudian dideskripsikan direduksi (disederhanakan) disajikan dan disimpulkan dalam bentuk kata-kata. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa strategi yang digunakan guru seni musik ekstrakurikuler vokal solo di MAN 2 Tulungagung yaitu 1) Strategi Persiapan Pembelajaran 2) Strategi Pembelajaran Aktif (Active Learning.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/267967

Actions (login required)

View Item View Item