Prosesi upacara adat petik laut di Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi / Feby Dwi Astria - Repositori Universitas Negeri Malang

Prosesi upacara adat petik laut di Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi / Feby Dwi Astria

Astria, Feby Dwi (2022) Prosesi upacara adat petik laut di Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi / Feby Dwi Astria. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang prosesi upacara adat petik laut dan Gandrung dalam upacara adat petik laut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang rangkaian prosesi pada upacara adat petik laut dan fungsi penari Gandrung dalam upacara adat petik laut di Muncar Kabupaten Banyuwangi. Subjek dalam penelitian ini adalah Gandrung. Penelitian ini difokuskan pada prosesi upacara adat petik laut dan Gandrung dalam upacara adat petik laut. Penelitian yang dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi wawancara dan dokumentasi. Data-data yang telah dikumpulkan dan direduksi kemudian dianalisis. Validasi data diperoleh melalui triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian yang telah diperoleh yaitu upacara adat petik laut dilaksanakan setiap satu tahun sekali. Pelaksanaan upacara adat petik laut memiliki tiga komponen penting diantaranya githik sesepuh adat dan penari Gandrung. Hal yang menarik dari pelaksanaan upacara adat petik laut merupakan rangkaian prosesinya selain itu terdapat sajian penari Gandrung yang berfungsi sebagai fungsi simbol fungsi sesajen dan fungsi hiburan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/267965

Actions (login required)

View Item View Item