Pengembangan buku teks tari jaran goyang Banyuwangi sebagai bahan ajar di Kelas X SMAN 1 Rogojampi / Niken Larasati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku teks tari jaran goyang Banyuwangi sebagai bahan ajar di Kelas X SMAN 1 Rogojampi / Niken Larasati

Larasati, Niken (2022) Pengembangan buku teks tari jaran goyang Banyuwangi sebagai bahan ajar di Kelas X SMAN 1 Rogojampi / Niken Larasati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Bahan ajar cetak berupa buku sampai saat ini masih digunakan di sekolah dan sangat penting untuk menunjang proses pembelajaran di kelas maupun luar kelas. Namun tidak semua bahan ajar cetak berupa buku memiliki materi yang lengkap khususnya mata pelajaran seni budaya mengenai tari tradisional yang dapat menunjang proses pembelajaran pada siswa tingkat SMA. Peneliti memfokuskan pada pengembangan bahan ajar cetak berupa buku teks mengenai tari tradisional yang dapat menunjang proses pembelajaran dan dapat digunakan oleh guru dan peserta didik tingkat SMA khususnya di SMAN 1 Rogojampi kelas X. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi wawancara dan dokumentasi pada guru dan siswa kemudian meminta masukan teknis pada validator dan melakukan uji coba pada siswa. Analisis dilakukan dengan mengkonfirmasi produk pertama untuk divalidasi kepada 3 validator yaitu validator ahli materi bahasa dan media. Mengkonfirmasi produk kedua hasil validasi kepada validator untuk diuji cobakan kepada siswa dan mengkonfirmasi kembali produk akhir kepada validator. Hasil penelitian ini menunjukkan validasi produk memperoleh 93 1% dari ahli materi 91% dari ahli bahasa dan 97% dari ahli media. Nilai akhir yang diperoleh dari hasil belajar uji coba kelompok kecil mengalami peningkatan sebesar 20% dan uji coba kelompok besar 16% setelah menggunakan buku teks. Sehingga disimpulan bahwa adanya bahan ajar berupa buku teks tari tradasional daerah setempat dapat meningkatkan pengetahuan dan hasil belajar siswa di dalam maupun luar kelas setelah mempelajari buku teks tari Jaran Goyang. Saran untuk peneliti selanjutnya yaitu dapat meningkatkan hasil validasi produk pada semua aspek ke tingkat 100% kepada validator ahli.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jul 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/267961

Actions (login required)

View Item View Item