Struktur tari topeng gunungsari di Sanggar Tari Setyo Utomo Dusun Glagahdowo Kecamatan Tumpang / Kiki Septiani - Repositori Universitas Negeri Malang

Struktur tari topeng gunungsari di Sanggar Tari Setyo Utomo Dusun Glagahdowo Kecamatan Tumpang / Kiki Septiani

Septiani, Kiki (2022) Struktur tari topeng gunungsari di Sanggar Tari Setyo Utomo Dusun Glagahdowo Kecamatan Tumpang / Kiki Septiani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang struktur Tari Topeng Gunungsari memiliki keunikan pada karakter bentuk geraknya yaitu terdapat karakter maskulin dan feminin. Selain itu teknik geraknya memiliki tingkat kerumitan yang tinggi dibandingkan dengan tari topeng yang lain pada pertunjukan Wayang Topeng. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan struktur Tari Topeng Gunungsari mengenai struktur gerak dan unsur pendukungnya yang meliputi musik tata busana properti. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif bersifat deskriptif dengan sumber data menggunakan observasi untuk mengetahui struktur koreografi pada Tari Topeng Gunungsari. Wawancara pada empat narasumber yang terdiri dari Budi Utomo Bowo Supriatin Supriyadi Endang Setyowati. Teknik dokumentasi dilaksanakan pada dokumen terdahulu mengenai struktur Tari Topeng Gunungsari dalam penyajian Wayang Topeng atau tari lepas di dusun Glagahdowo. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa struktur Tari Topeng Gunungsari terbagi menjadi dua bagian yaitu struktur gerak yang terdiri tiga bagian yaitu unsur gerak (kepala tangan badan dan kaki) motif gerak (lokomoter movement dan stationer movement) dan kalimat gerak atau ragam gerak (pembuka inti penutup). Adapun unsur pendukung tari meliputi musik tata busana dan properti.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/267960

Actions (login required)

View Item View Item