Strategi pembelajaran paduan suara pada kegiatan ekstrakurikuler di SMA Negeri 3 Tuban / Dinda Wilianita Listiansyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Strategi pembelajaran paduan suara pada kegiatan ekstrakurikuler di SMA Negeri 3 Tuban / Dinda Wilianita Listiansyah

Listiansyah, Dinda Wilianita (2022) Strategi pembelajaran paduan suara pada kegiatan ekstrakurikuler di SMA Negeri 3 Tuban / Dinda Wilianita Listiansyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

SMA Negeri 3 Tuban merupakan salah satu lembaga pendidikan formal yang memiliki kegiatan ekstrakurikuler paduan suara. Ekstrakurikuler paduan suara tersebut menjadi salah satu ekstrakurikuler unggulan yang berhasil mencetak banyak prestasi dalam perlombaan dan menjadi bintang tamu pada acara resmi di berbagai lembaga. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan strategi pembelajaran paduan suara pada kegiatan ekstrakurikuler. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran paduan suara pada kegiatan ekstrakurikuler yang digunakan oleh guru adalah strategi pembelajaran kooperatif dimana guru menjadi pusat pembelajaran yang menentukan segala hal yang berkaitan dengan prosedur kegiatan pembelajaran dan secara terus memberikan informasi kepada peserta didik dan menekankan peserta didik mengkonstruksi pengetahuan melalui interaksi dengan kelompok lainnya. Didalam strategi pembelajaran memiliki tiga jenis strategi yaitu pengorganisasian pembelajaran meliputi tujuan pembelajaran materi pembelajaran dan media pembelajaran sedangkan penyampaian pembelajaran meliputi seperti kegiatan pendahuluan kegiatan inti yang terdapat penjelasan materi belajar dalam kelompok penilaian dan kegiatan penutup yang terdapat pengakuan tim dan pengelolaan pembelajaran meliputi pengelolaan siswa dan pengelolaan fisik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/267955

Actions (login required)

View Item View Item