Analisis visualisasi motif batik majapahitan di galeri batik Bu Dar Kabupaten Mojokerto / Nila Wahyu Lestari - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis visualisasi motif batik majapahitan di galeri batik Bu Dar Kabupaten Mojokerto / Nila Wahyu Lestari

Lestari, Nila Wahyu (2022) Analisis visualisasi motif batik majapahitan di galeri batik Bu Dar Kabupaten Mojokerto / Nila Wahyu Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Salah satu ciri khas yang terdapat di Kabupaten Mojokerto adalah adanya peninggalan sejarah kerajaan Majapahit yang berupa patung bangunan candi perhiasan dan lain sebagainya. Terinspirasi dari adanya peninggalan bersejarah tersebut salah seorang pengrajin asal Mojokerto ingin melestarikan hal tersebut dengan cara yang berbeda dengan menjadikannya sebuah karya yang tertuang pada lembaran-lembaran kain batik. Batik tersebut dinamakan dengan batik Majapahitan yang diproduksi di Galeri Batik Bu Dar di kabupaten Mojokerto. Alasan peneliti memilih batik yang berasal dari kabupaten atau kota Mojokerto karena seperti yang kita ketahui selama ini kita tidak asing lagi atau bahkan sudah mengenal batik yang berasal dari Yogyakarta Pekalongan dan Surakarta. Biasanya daerah-daerah tersebut yang terkenal dengan produksi batiknya. Oleh sebab itu melalui penelitian ini penulis akan memperkenalkan batik yang masih ada kaitannya dengan sejarah kerajaan Majapahit karena sebenarnya kain batik berasal dari zaman kerajaan di daerah Jawa Timur ini. Selain itu alasan penulis memililih lokasi galeri batik Bu Dar karena menurut penulis galeri tersebut masih aktif melakukan proses produksi di tengah pandemi Covid19 ini sehingga dirasa perlu dilakukan penelitian pada tempat tersebut. Selain itu juga di galeri ini terdapat berbagai macam batik dengan nama motif yang unik dan masih asing di telinga masyarakat khususnya di Mojokerto sehingga perlu dilakukan penelitian lebih mendalam terhadap ide dasar penciptaan motif warna dan visualisasi pada motif batik Majapahitan di galeri batik Bu Dar. Beberapa orang memang belum mendengar atau bahkan mengenal tentang adanya batik yang berhubungan dengan peninggalan sejarah Majapahit ini hanya segelintir orang saja yang mengetahui batik tersebut. Penelitian ini bertujuan agar para pembaca dapat mengetahui secara mendalam tentang visualisasi batik Majapahitan di Galeri Batik Bu Dar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan sumber data yang diperoleh adalah produk batik desainer batik serta pegawai galeri batik juga dokumentasi terkait ide dasar penciptaan batik Majapahitan. Prosedur pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan observasi wawancara serta dokumentasi. Pengecekan keabsahan temuan dilakukan menggunakan triangulasi teknik. Adapun teknik analisis data meliputi reduksi data penyajian data serta penarikan kesimpulan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Sep 2022 04:29
Last Modified: 26 Dec 2022 00:58
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/267887

Actions (login required)

View Item View Item