Aktivitas petani pada sentra bawang merah Kabupaten Nganjuk sebagai ide penciptaan motif batik tulis / Milanda Agustina - Repositori Universitas Negeri Malang

Aktivitas petani pada sentra bawang merah Kabupaten Nganjuk sebagai ide penciptaan motif batik tulis / Milanda Agustina

Agustina, Milanda (2022) Aktivitas petani pada sentra bawang merah Kabupaten Nganjuk sebagai ide penciptaan motif batik tulis / Milanda Agustina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Aktivitas petani bawang merah merupakan kegiatan budaya agraris yang identik dengan masyarakat kabupaten Nganjuk. Pada hakikatnya aktivitas petani secara tradisional termasuk budaya agraris yang mengandung nilai budaya lokal penting untuk dilestarikan. Namun perwujudan nilai budaya yang tercermin pada kebiasaan masyarakat mulai ditinggalkan karena aktivitas dari mengolah lahan hingga memanen mulai digantikan oleh mesin. Hal tersebut yang menjadi latar belakang penciptaan motif batik tulis tema aktivitas petani bawang merah sebagai upaya pelestarian budaya agraris dengan cara culture knowledge melalui penciptaan motif batik tulis yang dapat difungsionalkan. Tujuan penciptaan ini adalah mendeskripsikan ide proses dan hasil batik tulis tema aktivitas petani pada sentra bawang merah kabupaten Nganjuk. Metode penciptaan ini adalah metode kreatif yang terdiri dari eksplorasi ide merumusan konsep proses perwujudan hasil dan penyajian karya dengan tahap terakhir analisis karya. Hasil kreatif penciptaan ini berupa enam karya representatif motif batik tulis yang dapat digunakan sebagai bahan sandang dengan judul Kala Miwiti Kala Muncul Tuwuh Harja Sirat Brambang Bhuman Brambang dan Sidhapanen. Terwujudnya motif batik tulis ini diharapkan dapat memberikan informasi tentang aktivitas petani bawang merah yang mengandung nilai budaya lokal dan menambah keberagaman motif batik khas Nganjuk.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Sep 2022 04:29
Last Modified: 23 Dec 2022 03:17
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/267881

Actions (login required)

View Item View Item