Batik gringsing teratai karya soendari batik and art gallery Kota Malang / Rizky Eka Damayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Batik gringsing teratai karya soendari batik and art gallery Kota Malang / Rizky Eka Damayanti

Damayanti, Rizky Eka (2022) Batik gringsing teratai karya soendari batik and art gallery Kota Malang / Rizky Eka Damayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Soendari Batik and Art Gallery merupakan salah satu rumah industri batik di Kota Malang yang memproduksi beragam jenis motif batik terutama motif yang mengangkat potensi kota Malang. Salah satu karya batiknya yaitu motif Gringsing Teratai. Motif tersebut menarik dan unik karena perpaduan antara motif batik klasik dan motif bunga Teratai khas Kota Malang. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan visualisasi motif dan visualisasi warna batik Gringsing Teratai karya Soendari Batik and Art Gallery di Kota Malang. Metode penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik analisis data yang digunakan merujuk pada teori Milles dan Huberman yaitu reduksi data penyajian data serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan tiga karya batik dengan motif Gringsing Teratai yaitu motif Gringsing Teratai kombinasi sulur motif Gringsing Teratai kombinasi Topeng dan motif Gringsing Teratai kombinasi bunga Andong. Ketiga motif batik tersebut sama ndash sama menggunakan pewarna sintetis dan alat cap batik. Pada akhir penelitian diperoleh hasil bahwa batik Gringsing Teratai memiliki perbedaan dengan motif batik Gringsing klasik dan motif batik Malangan pada umumnya. Hal tersebut dibuktikan dengan ciri khas pada tiap lembar kain yang memiliki motif Grinsing bunga Teratai serta kombinasi motif adaptasi dari ikon Kota Malang lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: N Fine Arts > ND Painting
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Sep 2022 04:29
Last Modified: 26 Dec 2022 00:41
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/267866

Actions (login required)

View Item View Item