Identifikasi makna simbolis motif tenun ikat bandar Kota Kediri / Hafidh Muhammad Risaaldi - Repositori Universitas Negeri Malang

Identifikasi makna simbolis motif tenun ikat bandar Kota Kediri / Hafidh Muhammad Risaaldi

Risaaldi, Hafidh Muhammad (2022) Identifikasi makna simbolis motif tenun ikat bandar Kota Kediri / Hafidh Muhammad Risaaldi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motif tenun ikat Desa Bandar Kota Kediri dari sisi nilai visual/estetika dengan mendeskripsikan objek ragam hias yang terkandung dalam motif tenun ikat Desa Bandar dan dikaji juga nilai simbolis dari motif tenun ikat tersebut. Dalam penelitian ini metode pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara dengan beberapa responden observasi lapangan serta kajian dokumen terkait dengan makna simbolis motif nusantara khsusnya tenun ikat Desa Bandar. Setelah data terkumpul kemudian dilakukan pengolahan data dengan proses triangulasi data guna menguji validitas data. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa motif tenun ikat Desa Bandar memiliki banyak motif diantaranya adalah motif Lung Gunungan Wajik Sulur Tirto Ceplok dan kotak-kotak. Dari kajian visual tenun ikat Desa Bandar mayoritas menggunakan ragam hias tumbuhan serta ragam hias geometris namun juga ada motif dengan ragam has fauna seperti ragam hias kupu kupu. Motif tenun ikat Desa Bandar memiliki makna simbol yang luas seperti simbol yang mendekati nilai religius atau keagamaan harapan hubungan manusia dan tuhan rasa syukur kemanfaatan kekeluargaan keharmonisan saling menghargai cinta kasih kesederhanaan keberanian keseimbangan dan simbol identitas daerah Kediri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Sep 2022 04:29
Last Modified: 28 Dec 2022 01:52
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/267864

Actions (login required)

View Item View Item