Ritual tari seblang Banyuwangi sebagai sumber inspirasi karya batik lukis / Naisca Aufa Olivia - Repositori Universitas Negeri Malang

Ritual tari seblang Banyuwangi sebagai sumber inspirasi karya batik lukis / Naisca Aufa Olivia

Olivia, Naisca Aufa (2022) Ritual tari seblang Banyuwangi sebagai sumber inspirasi karya batik lukis / Naisca Aufa Olivia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kabupaten Banyuwangi memiliki salah satu ritual terkenal dengan nama ritual Tari Seblang. Ritual Tari Seblang merupakan salah satu bentuk rasa syukur masyarakat atas keberhasilan masa panen. Tari Seblang memiliki dua ritual yang dinamakan Olehsari dan Bakungan. Pada proses ritual tari Seblang dibutuhkan medium seni sebagai perantara. Salah satu kegiatan untuk mengekspresikannya ialah berkarya seni. Pada penelitian penciptaan ini peneliti ingin menciptakan sebuah Batik Lukis dengan sumber inspirasi dari tari Seblang. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas serta memperkenalkan pada masyarakat tentang Ritual Tari Seblang melalui karya batik lukis. Metode penciptaan dalam penelitian ini menggunakan teori penciptaan yang digagas oleh Gustami. Proses penciptaannya terdiri dari tiga tahapan yaitu eksplorasi perancangan dan perwujudan. Hasil penelitian ini menghasilkan enam karya batik lukis dengan judul Ison Seblang 1-6. Pada setiap karya merepresentasikan gerakan tari dari penari Seblang. Teknik pewarnaan yang digunakan teknik Colet dengan jenis pewarna Remazol.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: N Fine Arts > ND Painting
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Sep 2022 04:29
Last Modified: 28 Dec 2022 01:37
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/267860

Actions (login required)

View Item View Item