Kesenian Jaran Dor Malang sebagai ide penciptaan motif batik tulis sandang / Dinda Nastiti Wahyuningtyas - Repositori Universitas Negeri Malang

Kesenian Jaran Dor Malang sebagai ide penciptaan motif batik tulis sandang / Dinda Nastiti Wahyuningtyas

Wahyuningtyas, Dinda Nastiti (2022) Kesenian Jaran Dor Malang sebagai ide penciptaan motif batik tulis sandang / Dinda Nastiti Wahyuningtyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kesenian Jaran Dor Malang merupakan Seni pertunjukan yang memiliki keunikan tersendiri pada bentuk visual artefak dan gerak tariannya namun banyak anak muda jaman sekarang tidak mengetahui akan keunikan pertunjukan tersebut karena sudah jarang dipertontonkan. Kegelisahan tersebut menjadikan latar bekalang penulis dalam menciptakan karya batik tulis sandang untuk remaja perempuan karena batik sandang saat ini cenderung klasik dan tidak sesuai fashion remaja saat ini. Tujuan penciptaan ini adalah mendeskripsikan ide dan konsep batik tulis yang terinspirasi dari Kesenian Jaran Dor Malang mendeskripsikan proses kratif batik tulis dan mendeskripsikan hasil karya penciptaan. Penciptaan batik tulis tersebut menggunakan metode penciptaan seni kriya SP Gustami yang terdiri dari tahapan eksplorasi perancangan dan perwujudan. Ketiga tahapan ini kemudian dikembangkan penulis untuk melakukan penciptaan motif batik tulis pada bahan sandang. Hasil kreatif ini terdiri dari enam karya batik tulis dengan teknik colet yang diharapkan dapat diproduksi secara masal kemudian dapat digunakan sebagai sandang sesuai dengan aspek ergonomis. Hasil karya tersebut berjudul Pinasthi Adigang Adigung Adiguna Keseimbangan Prasaja Solah dan Kapanjingan. Hasil penciptaan tersebut diharapkan dapat menjadi sarana pengenalan budaya lokal dan juga sebagai pelestarian budaya nasional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2022 04:29
Last Modified: 28 Dec 2022 02:14
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/267857

Actions (login required)

View Item View Item