Kreasi artistik relief sri tanjung candi jabung dalam keramik teapot / Dainty Resy Suciati - Repositori Universitas Negeri Malang

Kreasi artistik relief sri tanjung candi jabung dalam keramik teapot / Dainty Resy Suciati

Suciati, Dainty Resy (2022) Kreasi artistik relief sri tanjung candi jabung dalam keramik teapot / Dainty Resy Suciati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penciptaan karya keramik teapot Relief Sri Tanjung Candi Jabung dilatarbelakangi oleh ketertarikan terhadap nilai-nilai yang terkandung pada relief tersebut diantaranya nilai kejujuran kesetiaan dan tanggung jawab. Selain itu keramik yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan teapot yang masih erat kaitannya dengan budaya minum teh yang ada di Indonesia. Penciptaan karya ini juga berfungsi sebagai media pengenalan relief dan nilai-nilainya kepada khalayak khususnya pelajar. Hal tersebut mengingat Candi Jabung yang sering dijadikan tempat untuk pengenalan sejarah bagi sekolah-sekolah sekitar candi akan tetapi relief candi tersebut mulai tidak jelas dikarenakan aus. Dari permasalahan tersebut aspek estetik visual pada relief Sri Tanjung menarik untuk diekspresikan pada media keramik teapot. Untuk mencapai hasil visualisasi tersebut di perlukan metode kreatif dalam menghasilkannya. Metode tersebut meliputi tahapan penggalian sumber ide konsep penciptaan proses visualisasi karya analisiis karya/ deskripsi karya dan penyimpulan. Dari penelitian ini dihasilkan enam karya keramik teapot tiga karya dari tema Patih Sidapaksa membunuh Sri Tanjung diantaranya fidelity (kesetiaan) honesty (kejujuran) dan regret (penyesalan). Sedangkan tiga karya dari tema Sri Tanjung menaiki Punggung seekor ikan lumba-lumba diantaranya adalah sacrifice (pengorbanan) truth (kebenaran) dan justice (keadilan). Hasil karya tersebut dipresentasikan melalui gelar karya untuk mendapatkan apresiasi dari publik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Aug 2022 04:29
Last Modified: 28 Dec 2022 01:59
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/267850

Actions (login required)

View Item View Item