Jaranan sentherewe sebagai objek penciptaan motif batik tulis khas Tulungagung / Kirana Annisa Kusuma Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Jaranan sentherewe sebagai objek penciptaan motif batik tulis khas Tulungagung / Kirana Annisa Kusuma Putri

Putri, Kirana Annisa Kusuma (2022) Jaranan sentherewe sebagai objek penciptaan motif batik tulis khas Tulungagung / Kirana Annisa Kusuma Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kesenian Jaranan Sentherewe merupakan kesenian khas Tulungagung yang biasanya ditampilkan pada acara perayaan keluarga pernikahan maupun penyambutan pejabat daerah. Tetapi pada kenyataannya generasi muda sekarang banyak yang tidak suka menonton kesenian Jaranan Senterewe. Hal ini dibuktikan dengan survei terhadap tiga puluh lima orang yang terdiri dari anak-anak dan pemuda. Tujuan penciptaan ini adalah mendeskripsikan ide konsep motif batik tulis inspirasai Jaranan Sentherewe Tulungagung mendeskripsikan proses kreatif motif kain batik dan mendeskripsikan hasil penciptaan. Metode yang digunakan adalah metode penciptaan menurut Alma Hawkins (dalam I Made Bandem 2001 06) dengan tahapan 1) eksplorasi 2) improvisasi 3) pembentukan. Hasil kreatif penciptaan berupa enam kain motif batik dengan teknik batik tulis diharapkan generasi muda dan penikmat batik lebih mencintai batik dan kesenian Jaranan Sentherewe. Kesimpulan dari penciptaan ini terciptanya motif batik tulis baru khas Tulungagung yang memiliki kelebihan bahan bahan bersifat halus dan lembut sedangkan kekurangannya membutuhkan waktu yang lama dalam pengerjaannya. Hasil kreatif penciptaan batik tulis nantinya berupa kain yang dapat digunakan sebagai berikut Baswara Darma Laksana Darma Sura Chandra Kirana Bangun Tulak Turangga Sapto Bangun Tulak Sambodo Bangun Tulak Bang-Bang Waudadi kreasi motif batik bertema Jaranan Sentherewe ini sebagai upaya pelestarian kesenian khas Tulungagung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Aug 2022 04:29
Last Modified: 28 Dec 2022 01:41
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/267847

Actions (login required)

View Item View Item