Cerita pada ornamen medalion di relief candi penataran sebagai ide penciptaan batik lukis / Ahmad Suhadak - Repositori Universitas Negeri Malang

Cerita pada ornamen medalion di relief candi penataran sebagai ide penciptaan batik lukis / Ahmad Suhadak

Suhadak, Ahmad (2022) Cerita pada ornamen medalion di relief candi penataran sebagai ide penciptaan batik lukis / Ahmad Suhadak. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ornamen medalion pada bangunan candi Penataran memiliki cerita dan nilai filosofis yang terkandung didalamnya. Secara historis keberadaan ornamen medalion pada bangunan Candi Penataran terjadinya proses akulturasi antara kebudayaan India dan Indonesia. Namun sayangnya banyak wisatawan tidak mengerti sejarah dan makna simbolisasi yang terkandung didalamnya. Berdasarkan permasalahan tersebut penciptaan batik lukis ini memiliki tujuan untuk memaparkan pencarian sumber ide yang berasal dari ornamen medalion sebagai karya batik lukis memberikan gambaran proses penciptaan batik lukis dari cerita ornamen medalion dan menghasilkan karya batik lukis yang bersumber dari cerita pada ornamen medalion di relief Candi Penataran. Metode penciptaan yang digunakan terdiri atas tiga tahapan yaitu eksplorasi perancangan dan perwujudan. Hasil penciptaan batik lukis menghasilkan enam buah karya tiga diantaranya dimuat dalam tulisan ini karena mewakili nilai kepahlawanan cinta kasih dan pengorbanan yang perlu untuk ditanamkan dalam kehidupan masyarakat modern saat ini. Tiga karya tersebut bercerita tentang Tinarunge Wisnu lan Hiranyaksa Sabung Ayam Raja dan Airawata Mabur Kayangan. Keseluruhan karya batik lukis ini dapat memberikan wawasan mengenai nilai cerita yang terkandung dalam simbolisasi fauna pada ornamen medalion Candi Penataran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: N Fine Arts > ND Painting
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2022 04:29
Last Modified: 21 Dec 2022 03:26
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/267842

Actions (login required)

View Item View Item