Kitab ta'limul muta'allim sebagai inspirasi penciptaan karya seni lukis / M Nur Yazid Busthomi - Repositori Universitas Negeri Malang

Kitab ta'limul muta'allim sebagai inspirasi penciptaan karya seni lukis / M Nur Yazid Busthomi

Busthomi, M Nur Yazid (2022) Kitab ta'limul muta'allim sebagai inspirasi penciptaan karya seni lukis / M Nur Yazid Busthomi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kitab Ta rsquo limul Muta rsquo allim adalah kitab klasik yang membahas etika pelajar dalam menuntut ilmu yang ditulis oleh Syekh Az-Zarnuji. Kitab ini berisi nasihat-nasihat dan syair-syair yang mengajarkan akhlak terpuji dalam proses belajar antara seorang pelajar dengan teman sebaya pengajar dan ilmu yang dipelajari. Hampir di setiap pesantren dan lembaga pendidikan tradisional di Indonesia saat ini masih mengkaji dan menggunakan kitab Ta rsquo limul Muta rsquo allim namun di lembaga pendidikan formal masih sedikit yang mulai mengenal kitab ini setelah diterbitkan versi terjemahannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penciptaan dan mewujudkan karya seni lukis yang terinspirasi dari kitab Ta rsquo limul Muta rsquo allim. Diawali dari mendeskripsikan ide gagasan proses penciptaan dan hasil karya lukis. Penciptaan karya lukis ini menggunakan prosedur metode penciptaan Alma Hawkins dengan melewati tiga tahapan yaitu tahap eksplorasi tahap improvisasi dan tahap perwujudan. Dari tiga tahapan tersebut kemudian dikembangkan sehingga menjadi enam karya lukis yang terinspirasi dari kitab Ta rsquo limul Muta rsquo allim dan disajikan dalam bentuk pameran seni lukis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: N Fine Arts > ND Painting
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Aug 2022 04:29
Last Modified: 27 Mar 2024 06:32
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/267840

Actions (login required)

View Item View Item