Pembelajaran ragam hias di SMPN 5 Mojokerto pada masa pandemi covid-19 / Habib Fajar Santoso - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran ragam hias di SMPN 5 Mojokerto pada masa pandemi covid-19 / Habib Fajar Santoso

Santoso, Habib Fajar (2022) Pembelajaran ragam hias di SMPN 5 Mojokerto pada masa pandemi covid-19 / Habib Fajar Santoso. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pada masa pandemi Covid-19 kebijakan pembelajaran jarak jauh berlaku hampir di semua jenjang pendidikan mulai sekolah dasar hingga perguruan tinggi hingga Keputusan Bersama Menteri No 03/KB/2021 dimana pembelajaran tatap muka dilaksanakan secara terbatas. Keputusan tersebut menjadikan SMPN 5 Mojokerto menerapkan kedua metode pembelajaran tersebut. Pembelajaran seni rupa materi ragam hias memiliki implementasi yang inovatif yakni menerapkan gambar ragam hias terhadap masker medis guna meningkatkan kesadaran lingkungan sekolah akan kondisi yang sedang berlangsung. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana pembelajaran ragam hias SMPN 5 Mojokerto dalam masa pandemi Covid-19 berlangsung dari rencana pelaksanaan pembelajaran kegiatan belajar mengajar hingga evaluasi pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif teknik pengambilan data yang digunakan adalah observasi wawancara dan dokumentasi. Data yang digunakan berupa rencana pelaksanaan pembelajaran hasil wawancara kegiatan pembelajaran serta media pembelajaran. Hasil penelitian yang didapat berupa dua jenis rencana pelaksanaan pembelajaran dan kegiatan belajar mengajar yakni pembelajaran jarak jauh dan pembelajaran tatap muka. Evaluasi pembelajaran dari siswa dan guru berupa rubrik dan produk akhir Kendala yang dapat dijumpai berupa fasilitas pembelajaran yang kurang memadai serta kesiapan siswa yang kurang. Solusi yang didapat berupa bantuan dan panduan baik dari guru maupun dari sesama siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jun 2022 04:29
Last Modified: 28 Dec 2022 02:03
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/267837

Actions (login required)

View Item View Item