Pengembangan buku saku menggunakan barcode kompetensi dasar seni lukis untuk Kelas IX SMPN 11 Malang - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku saku menggunakan barcode kompetensi dasar seni lukis untuk Kelas IX SMPN 11 Malang

Lutfiani, Maslicha (2022) Pengembangan buku saku menggunakan barcode kompetensi dasar seni lukis untuk Kelas IX SMPN 11 Malang. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Seni lukis menjadi salah satu materi dalam mata pelajaran seni budaya. Pembelajaran seni budaya umumnya merupakan pembelajaran teori dan praktik. Dalam menunjang kesuksesan pembelajaran diperlukan suatu sarana pembelajaaran yang efektif serta efisien. Terlebih lagi di saat pandemi COVID19 saat ini yang mengharuskan peserta didik untuk menjalani pembelajaran daring secara mandiri. Salah satu media yang bisa digunakan yaitu buku saku berbasis barcode. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan sebuah media pembelajaran buku saku seni lukis berbasis barcode. Penelitian menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu (1) tahap analisis (2) tahap desain (3) tahap pengembangan (4) tahap implementasi dan (5) tahap evaluasi. Data kuantitatif dijadikan sebagai data penelitian dengan instrumen berupa lembar angket. Produk media pembelajaran yang dikembangkan berbentuk buku saku berbasis barcode. Media buku saku berukuran A7 sebanyak 12 halaman dengan materi seni lukis. Buku saku ini dilengkapi latihan soal dan video tutorial berkarya seni lukis teknik aquarel. Media pembelajaran buku saku barcode telah diuji oleh 2 ahli media 2 ahli materi serta telah diujicobakan terhadap 20 pesertadidik kelas IX SMPN 11 Malang. Rata-rata validasi media validasi materi serta uji coba pesertadidik mendapat hasil sebesar 82% masuk dalam kriteria media cukup layak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
N Fine Arts > ND Painting
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jun 2022 04:29
Last Modified: 14 Aug 2023 02:15
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/267835

Actions (login required)

View Item View Item