Gunungan wayang sebagai ide penciptaan karya kriya teknik mochila crochet / Elda Rochmaning Sintya - Repositori Universitas Negeri Malang

Gunungan wayang sebagai ide penciptaan karya kriya teknik mochila crochet / Elda Rochmaning Sintya

Sintya, Elda Rochmaning (2022) Gunungan wayang sebagai ide penciptaan karya kriya teknik mochila crochet / Elda Rochmaning Sintya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kriya adalah hasil cipta seniman yang menggunakan ide kreatif dan unik. Kriya seni muncul karena adanya keinginan kriyawan untuk menambah ekspresi dalam karyanya. sehingga pada kriya seni lebih menekankan nilai estetisnya dan meninggalkan nilai praktisnya. Karya kriya seni yang diciptakan penulis termasuk dalam jenis kriya tekstil berupa karya kriya seni. Penulis memodifikasi teknik dalam pembuatan kriya seni yakni dengan menggunakan teknik Mochila Crochet. Pada penulisan ini penulis menjelaskan bagaimana proses penciptaan karya kriya seni sehingga menciptakan karya sesuai harapan. Proses kreatif yang dilakukan oleh penulis sesuai dengan tahapan dalam proses kreatif Alma Hawkins namun penulis melakukan modifikasi pada kegiatan dalam setiap tahapannya. Adapun tahapan dalam proses kreatif Alma Hawkins meliputi eksplorasi improvisasi dan pembentukan. Hasil karya yang dibuat sebanyak 5 buah menggunakan bahan benang polyester dan pattern Mochila Crochet. Teknik yang digunakan dalam karya cipta ini adalah Mochila Crochet dengan bentuk gunungan wayang sebagai sumber inspirasi penciptaannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jun 2022 04:29
Last Modified: 28 Dec 2022 02:01
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/267826

Actions (login required)

View Item View Item