Ornamen candi bajang ratu sebagai ide kreasi penciptaan motif batik tulis sandang / Reza Dwi Anggraini - Repositori Universitas Negeri Malang

Ornamen candi bajang ratu sebagai ide kreasi penciptaan motif batik tulis sandang / Reza Dwi Anggraini

Anggraini, Reza Dwi (2022) Ornamen candi bajang ratu sebagai ide kreasi penciptaan motif batik tulis sandang / Reza Dwi Anggraini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Menurut sejarah yang telah dipelajari sedari dini kerajaan terbesar di nusantara yaitu kerajaan Majapahit akan tetapi dari minimnya pengetahuan lingkungan sekitar pencipta di kota rantau memberikan asumsi bahwa eksistensi candi-candi yang dahulu menjadi pusat kerajaan tersebut tepat di wilayah Mojokerto dianggap kurang jika dibandingkan dengan candi yang ada di kota lain. Dari beberapa candi yang ada di Mojokerto pencipta menetapkan pilihan pada candi Bajang Ratu karena candi tersebut merupakan satu satunya candi peninggalan kerajaan Majapahit wilayah Mojokerto yang memiliki ornamen dan relief yang indah pada badan candi. Dengan alasan tersebut pencipta menjadikan sebuah landasan pokok untuk mengangkat candi Bajang Ratu sebagai ide/gagasan utama pada skripsi penciptaan ini. Tujuan dari skripsi penciptaan ini yaitu menjabarkan konsep proses kreatif hasil dan penyajian karya batik tulis. Metode yang digunakan dalam skripsi ini menggunakan metode penciptaan tiga tahap enam langkah yang dikemukakan oleh S.P Gustami. Tiga tahap tersebut yaitu tahap eksplorasi perancangan dan perwujudan. Dari ketiga tahapan ini untuk mewujudkan sebuah karya pencipta menggali informasi data dengan cara observasi secara langsung dan menemui juru pelihara candi sebagai penguat data. Lalu dari hasil data yang diperoleh dikembangkan oleh pencipta menjadi sebuah enam karya batik tulis terapan yang mana hasil akhirnya disajikan dalam bentuk sandang berupa outer.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/267818

Actions (login required)

View Item View Item